HETANEWS

Masih Keluarkan Asap, KM Santika Nusantara Belum Dievakuasi

Kondisi KM Santika Nusantara masih mengeluarkan asap. (ist)

Sumenep, hetanews.com - Bangkai KM Santika Nusantara di perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur (Jatim), hingga kini belum dievakuasi. Kapal yang terbakar pada Kamis (22/8/2019) lalu terpantau masih mengeluarkan asap.

SAR Mission Coordinator (SMC), Prasetya Budiarto mengatakan, saat ini bangkai kapal tersebut sedang dikawal KMP Gading Nusantara.

"KMP Gading Nusantara terus mengawal posisi KM Santika Nusantara sampai Tug Boat (TB) Jala Artha 02 yang berangkat dari pelabuhan Trisakti Banjarmasin tiba di lokasi," kata Prasetyo kepada wartawan, Rabu (28/8/2019).

Setelah TB Jala Artha 02 tiba di lokasi, kata dia, selanjutnya yakni penarikan KM Santika Nusantara ke perairan Gresik. Posisi kapal tersebut kini berada pada koordinat 04° 36.9' 54" S - 111° 39' 37" E, dalam kondisi masih mengeluarkan asap.

Lokasi penemuan ini berjarak sekitar 184,78 Mil Laut arah Barat Laut dari lokasi kejadian. Setelah ditemukan oleh KN SAR Sadewa, selanjutnya dilakukan pengawalan KMP Gading Nusantara terhitung sejak Rabu dini hari pukul 00.45 WB.

"Nakhoda KN SAR Sadewa menyerahkan pengawasan kepal tersebut ke KMP Gading Nusantara hingga TB Jala Artha 02 tiba di lokasi," ujarnya.

Sebelumnya, KM Santika Nusantara yang berangkat dari Surabaya menuju Balikpapan terbakar di perairan Masalembu pada Kamis (22/8/2019) malam. Sebanyak 311 penumpang dievakuasi, tiga orang di antaranya meninggal dunia.

sumber: inews.id

Editor: sella.