HETANEWS

Marulitua: Jas dan Pin DPRD Ada Aturannya

Ketua DPRD Siantar, Marulitua Hutapea.

Siantar, hetanews.com- Sebanyak 30 Anggota DPRD Siantar, yang terpilih pada Pemilu 2019 lalu, akan dilantik, pada September 2019, yang akan datang. Ke 30 Anggota DPRD akan menerima jas dan pin emas untuk pelantikan nanti.

Ketua DPRD Siantar, Marulitua Hutapea mengatakan, pin emas dan jas, bagi pria sudah diatur dalam perundang - undangan.

"Ada aturannya. Tapi kalau gak salah ada di PP (peraturan pemerintahan) dan ada di tatib DPRD. Yang jelas, memang di zaman kami, itu sudah disiapkan. Biar seragam. Kalau anggarannya, kalau gak salah ditampung pada silpa kemarin," kata Marulitua, Senin (26/8/2019).

Dijelaskannya, pin emas DPRD Siantar tersebut adalah identitas. Selain pin, anggota DPRD Siantar setiap tahunnya akan mendapat stelan pakaian. Itu kata Marulitua, sudah ada penetapannya.

"Pin itu identitas (DPRD), karena semua DPRD di daerah-daerah itu ada. Pakai pin emas tergantung dengan logo daerah masing-masing. Memang itu diatur. Misalnya dalam satu tahun itu, DPRD menerima safari harian dan pakaian resmi, dalam satu tahun," jelasnya.

Pin emas yang dibuat untuk 30 anggota DPRD Siantar, dicetak 32 buah. Dua buah lagi disiapkan untuk anggota DPRD, jika ada yang pergantian antar waktu (PAW).

"Makanya selalu dibuat reserve (cadangan) pinnya. Ada dua  itu. Supaya bisa nanti, kalau ada yang PAW sudah ada langsung gantinya," jelasnya.

Informasi yang dihimpun, pengadaan pin yang terbuat dari emas, dan jas bagi anggota DPRD Siantar menghabiskan anggaran kurang lebih  Rp.303 Juta. Untuk pin emas Rp.198 Juta dan jas Rp. 105 Juta.

Penulis: gee. Editor: gun.