HETANEWS

Marulitua: Jabatan Sekwan Akan Ditetapkan Pekan Ini

Marulitua Hutapea bersama Wali Kota Hefriansyah dan Wakil Ketua DPRD Timbul Lingga saat rapat Paripurna.

Siantar, hetanews.com - Tiga rekomendasi Wali Kota Hefriansyah untuk jabatan Sekretaris Dewan [Sekwan] DPRD Pematangsiantar sudah diterima pimpinan dewan. Ketua DPRD Pematangsiantar, Marulitua Hutapea menyebut pekan ini akan ditetapkan siapa yang akan direkomendasikan pimpinan DPRD Pematangsiantar.

Dikatakannya, sampai saat ini masih tiga nama itu yang direkomendasikan Walikota. "Sampai sekarang kan masih hanya itu, yang tiga itu. Karena katanya kan, yang tiga itu yang punya ranking. Nilai tertinggi lah," kata Marulitua, Senin (26/8/2019).

Dalam minggu ini, sebut politisi Partai Demokrat ini, pimpinan DPRD yakni Ketua dan Wakil Ketua akan memutuskan siapa yang akan direkomendasikan untuk nama yang akan menjabat Sekwan.

"Mungkin minggu ini lah kami [Pimpinan DPRD] putuskan. Sebelum masa jabatan kami berakhir. Kebetulan Pak Timbul [Wakil Ketua DPRD] masih ada urusan di Jakarta," pungkasnya.

"Kalau ada waktu beberapa hari ini, juga ada kesepakatan dari para pimpinan, mana yang terbaik itu lah. Dari nama yang 3 itulah sementara," ujarnya menambahkan.

Marulitua tidak menyangkal bila ada lagi usulan perubahan dari 3 nama yang direkomendasikan Wali Kota Hefriansyah tersebut. "Nah, kalau ada lagi perubahan 3 nama itu dari Pemerintah Kota [Walikota Pematangsiantar] itu tidak masalah,"katanya.

Mengenai permintaan sebelumnya agar Wali Kota menyerahkan hasil assessment test seleksi terbuka Jabatan Pembina Tinggi Pratama [JPTP] untuk calon Sekwan, dia mengatakan sementara ini masih terpaut kepada 3 nama tersebut.

"Kalau kita tidak meminta lagi. Karena kita gak mungkin merekomendasikan nama yang lain, sementara yang mereka serahkan sudah 3 nama. Jadi kita pertimbangkan mana bagusnya," imbuhnya.

Pimpinan dewan sempat menolak 1 rekomendasi Wali Kota Hefriansyah yaitu Eka Hendra, yang kini masih menjabat Plt Inspektorat Pematangsiantar. Setelah ditolak, lalu Wali Kota Hefriansyah kembali merekomendasi 3 nama. 

Ketiganya Eka Hendra, Elin Sayuti dan Kartini Asmaraida. Ke-3 nama itu memang ikut seleksi terbuka JPTP dari 47 nama peserta yang mendaftar ke Pansel.

Baca juga: Tiga Nama Calon Sekwan yang Direkomendasi Wali Kota

Penulis: gee. Editor: edo.