HETANEWS

Menteri Nasir Jamin Mahasiswa Papua di Seluruh Indonesia akan Dilindungi

Menteri Nasir Jamin Mahasiswa Papua Akan Dilindungi

Jakarta, hetanews.com - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menjamin mahasiswa Papua yang ada di seluruh perguruan di Indonesia akan dilindungi.

Jaminan itu disampaikan Nasir menanggapi pernyataan Gubernur Papua Lukas Enembe yang berang dengan diskriminasi yang dialami mahasiswa Papua dan mengancam akan memulangkan mereka ke Papua jika keselamatan mereka tidak bisa dijamin.

"Saya rasa kami sudah berkomunikasi kemarin, tidak ada masalah. Tidak ada pengembalian (mahasiswa) karena mereka kami lindungi," kata Nasir usai menghadiri acara pembukaan Kegiatan Ilmiah Hardiknas, di Hotel Gran Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar Selatan, Senin (26/8).

"Semua mahasiswa Papua yang ada di perguruan tinggi Indonesia, rektor bertanggung jawab, dijamin. Rektor harus menjamin ini. Kalau sampai rektor melakukan diskriminasi nanti rektor kami berikan sanksi," tegas Nasir.

Menteri Nasir juga tidak main-main jika ada rektor yang nantinya ketahuan melakukan diskriminasi atau pelanggaran terhadap mahasiswa Papua dan akan dilakukan pemecatan atau pemberhentian.

"Pertama kita berikan sanksi dulu, kalau nanti melakukan pelanggaran lebih jauh, iya kita berhentikan," tegas Nasir. 

sumber: merdeka.com

Editor: sella.