HETANEWS

Hadiri Panen Raya, Hinca Panjaitan Puji Kinerja Pemkab Asahan

Pemkab Asahan, bersama Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat, Hinca Panjaitan, diabadikan bersama saat melakukan panen raya padi sawah, di Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Sabtu (24/8/2019), lalu.

Asahan, hetanews.com - Plt Bupati Asahan, H Surya BSc, anggota Komisi III DPR RI, DR Hinca Panjaitan, menghadiri panen raya padi sawah, di Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Sabtu (24/8/2019), lalu.

Selain Plt Bupati Asahan dan Hinca Panjaitan, turut hadir juga Sekda, Taufik Zainal Abidin Siregar, Ketua Partai Demokrat Asahan, Ilham S.Ag, OPD, Camat Meranti, Kepala Desa Serdang dan kelompok tani, serta masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Camat Meranti, Darma Ginting SE menyampaikan, luas lahan pertanian yang ada di Kecamatan Meranti yakni sekitar 2.200 Ha dan untuk panen raya kali ini, direncakan akan memanen seluas 457 Ha, yang terletak di Desa Serdang. Dan ini merupakan panen pertama di tahun 2019, ujarnya.

Darma menyampaikan rasa terima kasih masyarakat Kecamatan Meranti kepada Pemkab Asahan, yang telah menambah debit air Sungai Bunut.

Dengan ditambahnya debit air, kata Darma, maka hasil panen masyarakat Kecamatan Meranti semakin bertambah.

"Selain itu, kami juga berharap kepada Plt Bupati Asahan dapat membantu masyarakat Kecamatan Meranti dalam pengalih lahan dari lahan sawit menjadi lahan tanaman padi,"ujar Darma.

Sementara itu, Plt Bupati Asahan, Surya dan anggota Komisi III DPR RI, Hinca Panjaitan, menyerahkan secara simbolis bantuan alat semprot hands prayer kepada kelompok tani, di Desa Serdang.

Menyahuti permintaan warga Desa Serdang, Plt Bupati Asahan menyatakan, mendukung alih fungsi yang dilakukan masyarakat di Kecamatan Meranti dari kelapa sawit menjadi tanaman padi dan akan membantu masyarakat dalam pengalihan fungsi lahan tersebut.

Di saat yang sama, Hinca mengatakan, bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu lumbung padi yang ada di Indonesia, mulai dari jaman penjajahan dahulu hingga sampai saat ini.

Hinca juga berharap kepada masyarakat Asahan, dapat beralih fungsi lahan, dari lahan kelapa sawit menjadi lahan pertanian.

"Kepada Pemerintah Kabupaten Asahan, saya berharap dapat menaikkan debit air Sungai Bunut, agar produksi padi yang ada di Kecamatan Meranti, semakin meningkat lagi. Ayo kembangkan pertanian di Kabupaten Asahan," ucap Hinca semangat.

Penulis: rendi. Editor: gun.