HETANEWS

Lanjutkan Cita-cita Almarhum Bupati Asahan, Plt Bupati Resmikan Taman Hutan Kota TGS

Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang saat menekan sirene, tanda diresmikannya Taman Hutan Kota TGS, di jalan Sudirman Kisaran, Minggu (25/8/2019).

Asahan, hetanews.com - Proses pembangunan di Kabupaten Asahan terus berlanjut. Kali ini, Plt Bupati Asahan, H Surya BSc, meresmikan Taman Hutan Kota Taufan Gama Simatupang (TGS), Minggu (25/8/2019).

Acara tersebut, turut dihadiri unsur Forkopimda, Sekda, para OPD, Kabag, Camat, Lurah, Plt Ketua TP PKK Asahan, OKP, keluarga almarhum Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dan ratusan masyarakat lainnya.

Kadis PUPR, Ir Tengku Adi Huzaifah S.Sos dalam laporannya menyampaikan, penyedian ruang terbuka hijau (RTH) sangat penting dalam perencanaan pembangunan perkotaan. Secara nasional, RTH ditetapkan minimal 30 persen dari luas perkotaan.

"Beberapa manfaat RTH adalah memiliki fungsi ekologi, tempat rekreasi, tempat pendidikan dan manfaat lainnya,"ucap Tengku.

Plt Bupati Asahan, H Surya BSc menyampaikan, keberadaan RTH memiliki peran penting dalam mengatasi berbagai permasalahan lingkungan di perkotaan yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dan lingkungan hidup.

"Indikasinya, antara lain rendahnya kualitas air tanah, tingginya polusi udara dan kebisingan, tingginya frekuensi bencana banjir dan tanah longsor, karena terganggunya sistem tata air yang disebabkan terbatasnya daerah resapan air dan tingginya volume air permukaan,"kata Surya.

Lebih lanjut, kata Surya, Pemkab Asahan akan terus melanjutkan pembangunan di Taman Hutan Kota Taufan Gama Simatupang, sesuai dengan apa yang dicita-citakan Almarhum Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang.

Sementara itu, Armin Simatupang yang merupakan abang kandung dari almarhum mengatakan, pihak keluarga besar almarhum, merasa sangat bahagia karena Pemkab Asahan masih memberikan penghargaan kepada Bupati dua periode itu.

"Dengan ditetapkannya nama adik kami di Taman Hutan Kota, kami dari pihak keluarga tidak akan melupakan penghargaan yang diberikan Pemkab Asahan kepada kami,"ucap Armin.

Masih kata Armin, pembangunan di Taman Hutan Kota Taufan Gama Simatupang dapat berlanjut, sehingga masyarakat dapat menikmati fasilitas yang telah diberikan Pemkab Asahan.

"Kami juga berharap Pemkab Asahan dan masyarakat dapat memelihara Taman Hutan Kota ini sesuai dengan apa yang dicita-citakan alm adik kami," tandas Armin.

Pada kesempatan tersebut, Plt Bupati Asahan, bersama Hj Winda Fitrika, selaku istri dari almarhum, melakukan penekanan tombol sirine, menandakan Taman Hutan Kota Taufan Gama Simatupang telah diresmikan.

Acara yang dirangkai dengan car free day ini, juga diisi dengan pembagian dan pengundian kupon lucky draw yang berhadiah puluhan hadiah menarik.

Penulis: rendi. Editor: gun.