HETANEWS

AS dan 10 Negara ASEAN Akan Gelar Latihan Perang Laut pada September

AS dan 10 negara ASEAN akan menggelar latihan perang bersama pada September. (foto/AFP)

Amerika Serikat, hetanews.com - Angkatan Laut Amerika Serikat akan menggelar latihan perang bersama 10 negara Asia Tenggara pada September 2019.

Informasi yang dirilis Kedutaan Besar AS di Thailand mengungkap, latihan maritim akan digelar pada 2 September dan dimulai di pangkalan angkatan laut Provinsi Chonburi, Bangkok.

Dalam pernyataan kedubes AS menjelaskan, tujuan dari latihan yang berlangsung 5 hari ini untuk menjaga keamanan maritim, dengan berfokus pada pencegahan serta deteksi dini pelanggaran laut.

Latihan juga akan dilakukan di lepas pantai Provinsi Ca Mau, Vietnam. Nantinya diskenariokan AS akan mengirim kapal-kapal mencurigakan. Lalu personel militer ASEAN akan dibantu untuk mencari, memverifikasi, dan menuntut kapal-kapal tersebut secara hukum.

Saat pertemuan menlu ASEAN di Bangkok, Menlu AS Mike Pompeo mempromosikan apa yang disebutnya sebagai strategi "Indo-Pasifik" pemerintahan Presiden Donald Trump, di mana di dalamnya mencakup Asia Tenggara.

Latiha perang ini juga terjadi di tengah ketegangan beberapa negara ASEAN dengan China terkait sengketa Laut China Selatan.

Ketegangan antara China dan Vietnam meningkat sejak Juli di wilayah laut yang disengketakan. Sebuah kapal survei China memasuki perairan di mana Vietnam sedang menjalankan pengeboran minyak dan gas.

Sementara itu, Thailand menepis sedang bermain dengan dua kaki terkait kepentingan China dan AS di Laut China Selatan. Seperti diketahui, pada bulan lalu Thailand merupakan satu dari empat negara ASEAN juga mengikuti latihan perang laut dengan China.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Thailand Kongcheep Tantravanich menjelaskan, latihan dengan AS tak ada kaitannya dengan apa yang dilakukan dengan China pada bulan lalu.

"Kami mengadakan latihan dengan China, sekarang kami melakukan latihan dengan AS, itu tidak ada hubungannya dengan situasi saat ini," kata Tantravanich.

sumber: inews.id

Editor: sella.