HETANEWS

Bentrok dengan Pasukan Israel di Gaza, Hampir 130 Warga Palestina Terluka

 Bentrokan kembali terjadi antara pasukan Israel dan warga Palestina. (AFP)

Gaza, hetanews.com - Bentrokan kembali terjadi antara pasukan Israel dan warga Palestina yang berunjuk rasa di pagar antara Jalur Gaza dan wilayah-wilayah pendudukan Israel. Hampir 130 warga Palestina dilaporkan luka-luka dalam bentrokan tersebut.

Kementerian Kesehatan Gaza merilis angka korban luka tersebut seperti dilansir media Press TV, Sabtu (24/8/2019). Kementerian menyebutkan, pasukan Israel juga melukai tiga orang paramedis dalam bentrokan yang terjadi pada Jumat (23/8) waktu setempat itu.

Warga Palestina telah menggelar aksi demo mingguan di wilayah tersebut sejak tahun lalu. Aksi-aksi demo itu dilakukan untuk memprotes blokade atas jalur Gaza dan menuntut hak warga Palestina untuk kembali ke tanah-tanah di mana mereka terusir oleh agresi militer Israel sejak tahun 1948.

Setidaknya 305 warga Palestina telah tewas di tangan pasukan Israel sejak aksi-aksi demo dimulai di Jalur Gaza pada 30 Maret 2018 lalu. Lebih dari 18 ribu warga Palestina lainnya dilaporkan mengalami luka-luka. 

Gaza telah berada di bawah blokade Israel sejak Juni 2007 dan telah menimbulkan penurunan dalam standar kehidupan. Israel juga telah melancarkan tiga perang besar melawan kelompok Hamas di Gaza sejak tahun 2008, yang menewaskan ribuan warga Gaza dan merusak infrastruktur di wilayah tersebut. 

sumber: detik.com

Editor: sella.