HETANEWS

Prediksi Liverpool Vs Arsenal: Menjaga Pacuan Juara sejak Dini

Winger Liverpool Mohamed Salah (kiri) dan striker Arsenal Alexandre Lacazette bakal beradu tajam saat kedua tim bentrok pada pekan ketiga Premier League di Anfield, Sabtu (24/8/2019) malam WIB. (foto/Sky Sports)

Inggris, hetanews.com - Terlalu dini membicarakan persaingan juara Premier League pada pekan ketiga. Namun, duel Liverpool kontra Arsenal di Anfield, Sabtu (24/8/2019) malam WIB, sulit untuk tidak dikaitkan dengan ambisi menuju titel musim ini. 

Ya, musim lalu bisa dibilang hanya Manchester City dan Liverpool saja yang terlibat dalam kebut-kebutan menuju podium utama. The Citizens berhak meraih gelar dengan hanya selisih satu poin dari Liverpool di posisi kedua. 

Sementara Arsenal tercecer di peringkat kelima dengan jarak 28 poin dari City. Kondisi itu terjadi karena The Gunners punya rapor merah setiap bentrok tim di enam besar. 

Kondisi ini sangat disadari Pelatih Arsenal Unai Emery. Dia paham harus mengatasi kekurangan tersebut untuk bisa masuk dalam pacuan juara, termasuk saat main tandang di Anfield. 

“Kami perlu meningkatkan performa, karena ketika kami menghadapi mereka (tim 6 besar), itu adalah poin yang seharusnya kami raih, dan mereka tak boleh mengambilnya. Tapi, setelah itu Anda juga perlu mencapai tiga poin di pertandingan lain melawan tim lain,” tutur Emery pada konfrensi pers jelang laga, Jumat (24/8/019).

Terlebih, Arsenal memulai kampanye musim ini dengan catatan sempurna setelah menang atas tuan rumah Newcastle United (1-0), dan saat menjamu Burnley (2-1). 

Kini, klub London Utara itu duduk di peringkat kedua klasemen sementara dengan poin sempurna 6, setara dengan yang diraih Liverpool di puncak setelah menang atas Norwich City (4-1) di kandang, dan melibas tuan rumah Southampton (2-1).  

Kendalanya, Arsenal tanpa kemenangan dalam enam kunjungan terakhir ke Anfield di Premier League (2 seri, empat kekalahan). Bahkan, gawang mereka selalu kebobolan minimal dua gol di setiap laga dalam enam kunjungan tersebut (total 22 gol). 

“Dalam 38 pertandingan, Anda akan bermain di kandang dan tandang 19 pertandingan , melawan empat tim teratas dan tim lainnya,” ujar Emery.

Di pihak lain, Liverpool tak pernah kalah dalam delapan laga kontra Arsenal di semua ajang (4 menang, empat imbang). Arsitek Liverpool Juergen Klopp juga punya catatan bagus tak pernah kalah melawan Arsenal dalam tujuh laga di Premier League  (4 menang, 3 imbang), rekor tak terkalahkan terbaiknya, sama seperti saat timnya bentrok Everton. 

Liverpool juga tak pernah kalah di Anfield dalam ajang Premier League dalam 41 laga, sejak terakhir kandas 1-2 kontra Crystal Palace, April 2017 silam. 

Biar begitu, Klopp mengingatkan armadanya agar tidak terbuai dengan statistik tersebut. Dia juga mengingatkan skuatnya bahwa mereka perlu terus kerja keras untuk kembali berada dalam pacuan juara seperti musim lalu.

“Yang lebih penting bagi saya adalah ini bukan balapan dua kuda. Jika ya, kami bahkan tidak tahu apakah akan menjadi kuda kedua,” kata Klopp.

“Kami harus menunjukkan banyak hal lagi. Bagaimana kami bisa menerima begitu saja bahwa kami akan bermain seperti musim lalu lagi? Pasti ada ruang bagi kami untuk berkembang,” pelatih asal Jerman itu menegaskan.

Jelang pertandingan ini, kiper Liverpool Alisson Becker berangsur pulih dari cedera betis. Namun, Klopp tak yakin apakah penjaga gawang Brasil itu cukup fit untuk kembali tampil melawan Arsenal. 

Selain itu, The Reds masih belum bisa menurunkan Naby Keita yang bermasalah dengan pinggangnya. Di pihak Arsenal, Grant Xhaka dan Mesut Oezil kembali berlatih penuh bersama tim, dan berpotensi kembali masuk skuat inti di laga ini.

Statistik mencatat, duel kedua tim kerap melahirkan banyak gol. Tidak ada duel Premier League lain yang lebih banyak gol selain saat kedua tim ini bentrok (155 gol dalam 54 pertandingan). 

Laga kedua tim ini juga merupakan pertandingan yang menciptakan banyak hattrick sebanyak 6 kali (Robbie Fowler 2, dan masing-masing satu dikemas Thierry Henry, Peter Crouch, Andrey Arshavin dan Roberto Firmino).

PERKIRAAN PEMAIN

LIVERPOOL (4-3-3)
Adrian; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Salah, Firmino, Mane
Pelatih: Juergen Klopp

ARSENAL (4-3-3)
Leno; Maitland-Niles, Sokratis, David Luiz, Monreal; Goendouzi, Xhaka, Ceballos; Pepe, Lacazette, Aubameyang
Pelatih: Unai Emery


LIMA PERTEMUAN TERAKHIR

30/12/2018

Premier
League

Liverpool
vs Arsenal

5-1

04/11/2018

Premier
League

Arsenal vs
Liverpool

1-1

23/12/2017

Premier
League

Arsenal vs
Liverpool

3-3

27/08/2017

Premier
League

Liverpool
vs Arsenal

4-0

05/03/2017

Premier
League

Liverpool
vs Arsenal

3-1

Prediksi: 55-45

sumber: inews.id

Editor: sella.