HETANEWS

Lapangan Adam Malik Tak Lagi dipakai Untuk Konser Musik

Konser musik di Lapangan H Adam Malik, 7 Oktober 2018

Siantar, hetanews.com - Dinas Pariwisata Kota Pematangsiantar mengelola beberapa aset lahan dan bangunan milik pemerintah kota. Salah satunya adalah Lapangan H. Adam Malik. Lapangan tersebut sudah tak dapat dipakai untuk acara konser musik.

Kasi Produktifitas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Pariwisata, M. Suarez mengatakan aset yang dikelola adalah; Lapangan H. Adam Malik, stadion sepak bola Sang Naualuh, lapangan Parkir Pariwisata [Tourism Information Center/TIC] dan Lapangan Farel Pasaribu [Lapangan Horbo].

Aset tersebut disewakan untuk kegiatan komersil maupun non komersil sesuai dengan Perda No 9 Tahun 2014 tentang retribusi daerah. Pada tahun 2019, khusus Lapangan Horbo diminta memenuhi target PAD sebesar Rp. 50 Juta. Itu berdasarkan penetapan dari tim anggaran Pemko Pematangsiantar.

"Lapangan Adam Malik sudah tak bisa lagi konser musik. Ada pengecualiannya. Kalau sponsor-nya rokok dan minuman beralkhol itu tidak boleh. Tidak diizinkan," jelasnya.

Dia menambahkan, kegiatan konser musik diizinkan digelar apabila tak ada dua sponsor tersebut. Untuk kegiatan sosial dan kebudayaan lapangan itu masih diizinkan untuk dipakai sesuai dengan retribusi yang ditetapkan. Sementara untuk keagamaan, Lapangan Adam Malik sudah tak dikutip retribusi. 

M. Suarez mengakui jika Kota Pematangsiantar sedang membutuhkan tempat untuk kegiatan yang mendatangkan ribuan orang. Misalnya kegiatan konser musik. Bila aset yang ada saat ini dipakai untuk kegiatan semacam itu, tentu lebih besar biaya keluar dari pada retribusinya.

"Itulah simalakamanya kita di Siantar ini. PAD yang dihasilkan tak seberapa, tapi kerusakan [lapangan] yang ditimbulkan membutuhkan biaya tak sedikit," ucapnya. 

"Siantar ini sekarang butuh ruang, misalnya untuk kegiatan kebudayaan pun kurang, kegiatan konser pun kurang. Karena sangat terbatas [lahan]. Jadi cemana lagi mau kita buat," ucapnya mengakhiri.

Baca juga: Sewa Lapangan Farel Paribu Untuk Konser Hanya 6 Juta

Penulis: gee. Editor: edo.