HETANEWS

Jokowi Undang Tokoh Adat Papua, Moeldoko Bilang 'Komunikasi Tak Boleh Terputus'

Jokowi di Papua

Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo berencana akan mengundang para tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat Papua serta Papua Barat ke Istana Kepresidenan. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan nantinya Jokowiakan mendengarkan aspirasi dan kondisi di Papua.

"Nanti ya Presiden akan mendengarkan intinya. Selalu mendengarkan aspirasi dengan baik," kata Moeldoko di Komplek Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Dia menjelaskan bentuk pertemuan tersebut adalah cara Jokowi untuk tetap menjaga komunikasi dengan masyarakat Papua. Menurut Moeldoko, komunikasi harus terbangun agar tanah cendrawasa tetap berjalan.

"Intinya bahwa komunikasi tidak boleh terputus, komunikasi harus terbangun terus agar karena dalam proses komunikasi pasti ada faktor lingkungan yang mempengaruhi," lanjut Moeldoko.

Sebelumnya Presiden Jokowi akan mengundang para tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat Papua serta Papua Barat ke Istana Kepresidenan. Dia mengungkapkan, alasan mengundang mereka untuk membicarakan masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua.

"Minggu depan saya akan undang Tokoh Papua, Papua barat baik tokoh adat, masyarakat dan agama untuk datang ke Istana. Bicara masalah percepatan kesejahteraan di tanah Papua," katanya di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Kamis (22/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku, selalu memantau kondisi keamanan di Papua dan Papua Barat, pasca kerusuhan. Menurutnya, kondisi di dua wilayah tersebut telah kembali normal.

"Permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati, untuk saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air," ujarnya. 

sumber: merdeka.com

Editor: sella.