HETANEWS

Kaltim Disebut Jadi Ibu Kota Baru, Golkar Minta Hal Ini ke Pemerintah

Politikus Partai Golkar asal Kalimantan Timur (Kaltim), Hetifah Sjaifudian.

Jakarta, hetanews.com - Pemerintah terus menggodok pemindahan Ibu Kota ke Pulau Kalimatan. Salah satu daerah yang disebut bakal menjadi pengganti Jakarta itu adalah Kalimantan Timur (Kaltim).

Politikus Partai Golkar asal Kaltim, Hetifah Sjaifudian meminta Pemerintah segera menentukan lokasi daerah yang akan dijadikan sebagai ibu kota. Dia pun menyambut baik jika Kaltim menjadi kandidat terkuat daerah yang akan menjadi Ibu Kota.

Namun, Hetifah meminta, Pemerintah tak sekadar membocorkan provinsinya saja, tapi juga lokasi wilayahnya. "Sebaiknya koordinat memang titik koordinat lokasinya sebaiknya secepat mungkin (diumumkan) supaya menghindari adanya spekulasi tanah dan lain-lain yang mempersulit eksekusi nanti," katanya kepada wartawan, Jumat (23/8/2019).

Anggota Komisi X DPR RI ini berpesan, jika pemerintah serius ingin menjadikan Kaltim sebagai Ibu Kota negara maka harus benar-benar dipikirin betul segala aspeknya. Salah satunya aspek lingkungan.

"Jadi kami ingin Kalimantan ini jadi the future of Indonesia, yang jadi suatu kemajuan dalam arti bukan modern, dalam artian sekarang yang ada (seperti) pembangunan dan sebagainya. Tetapi kita membangun tetap melestarikan hutan kita," tutur Hetifah.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil membocorkan Kalimantan Timur akan menjadi pengganti Jakarta sebagai Ibu Kota negara. Namun, dia belum mau menyebut lokasi pastinya.

"Iya, Kaltim (Kalimantan Timur), tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," kata Sofyan di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Tidak berapa lama, pernyataan itu dibantah Presiden Joko Widoo (Jokowi). Dia menampik sejumlah pemberitaan yang menyebut sudah ada keputusan mengenai lokasi baru Ibu Kota negara yang akan dipindahkan dari Jakarta.

"Akan kita umumkan pada waktunya, masih nunggu kajian, tinggal satu, dua kajian belum disampaikan kepada saya," kata Jokowi menjawab wartawan saat menyampaikan keterangan pers, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019) dikutip dari laman Setkab.

sumber: inews.id

Editor: sella.