HETANEWS

Diduga Rebutan Lahan, Petani di Deliserdang Sumut Tewas Ditikam

Proses evakuasi korban tewas.

Deliserdang, hetanews.com - Dua orang petani di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) terlibat perkelahian diduga gara-gara rebutan lahan. Salah satu tewas akibat luka tikaman di bagian dagu dan dada korban.

Pelaku, Liasta Barus (35), tega menghabisi nyawa tetangganya, Alek Ginting (46). Mereka sebelumnya berkelahi di sebuah Gubuk Persawahan Desa Liang Muda, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, pada Minggu (18/8/2019).

"Tersangka awalnya diamankan warga setelah membunuh korban, lalu dia diserahkan ke Polsek Tiga Juhar," kata Kasubag Humas Polres Deliserdang, Iptu Masfan Naibaho, kepada wartawan di Deliserdang, Sumut, Jumat (22/8/2019).

Berdasarkan pemeriksaan sementara, kata dia, tersangka Liasta Barus mengaku, mereka berkelahi karena ada perselisihan antara dia dan korban terkait pengelolaan lahan pertanian di kawasan Desa Liang Muda.

Dari hasil olah TKP, kata dia, polisi menyimpulkan sementara kalau korban Alek Ginting mendatangi gubuk pelaku. Dia langsung bertanya soal pengelolaan lahan pertanian hingga terjadi keributan yang berujung perkelahian.

"Dari perkelahian itulah korban meninggal dunia," ujar dia.

Ketika itu, TKP mereka berkelahi tak jauh dari permukiman masyarakat dan gubuk para petani lainnya, sehingga banyak saksi yang melihat kejadian tersebut.

Saat ini, kata Naibaho, telah dilakukan autopsi terhadap mayat korban di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Medan. Petugas mendapati dua luka tusuk bekas tikaman di bagian dagu dan dada sebelah kanan korban.

"Jasad korban telah diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan. Dari tangan tersangka, polisi telah menyita satu bilah pisau belati panjang sekitar 25 sentimeter," ujar dia.

sumbre: inews.id

Editor: sella.