HETANEWS

Diancam Pasal Curat, Pencuri Pisang Rp150 Ribu Dituntut Jaksa 3 Bulan

Ruang sidamg Cakra PN Siantar. (Foto/BT)

Siantar, hetanews.com - Andy Syaputra (30), diancam tiga bulan penjara atas kasus pencurian satu tandan pisang seharga Rp150 ribu. Andy dituntut kasus pencurian dengan pemberatan atau Curat yang terjadi pada Juli 2019.

Tuntutan dibacakan jaksa penuntut umum (JPU) dihadapan Hakim sidang diketuai Simon CP Sitorus dibantu rekannya Iqbal FJ Purba dan Rahmat.

"Menuntut terdakwa dipidana penjara selama tiga bulan," kata JPU Samuel Sinaga, Kamis 22 Agustus 2019.

Samuel menambahkan, terdakwa terbukti secara sah dan bersalah meyakinkan melanggar Pasal 363 ayat 1 ke 4e, 5e KUH-Pidana tentang pencurian.

Hakim kemudian menanyai warga Jalan Viyata Yudha, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematangsiantar, terkait tuntutan jaksa dan ia tampak hanya menangis sesenggukan.

Pencurian bermula ketika terdakwa berboncengan bersama Candra (DPO) berkeliling mengendarai sepeda motor Yamah Mio Putih BK 6324 TAM, mencari pekerjaan buruh bangunan hingga akhirnya melintasi Jalan Pleton, Kelurahan Bukit Sofa, Kec Siantar Barat dan berhenti di depan sebuah gereja tengah dalam pembangunan pada 1 Juli 2019.

Selanjutnya terdakwa dan Candra menuju pulang ke rumah lalu melihat pohon pisang yang berada di dalam perkarangan rumah saksi korban Rosli Saragih.

Terdakwa bersama dengan Candra sepakat untuk mengambil pisang tersebut namun dibutuhkan alat untuk memotong pisang dari pohonnya, terdakwa dan Candra terlebih dahulu pulang kerumah untuk mengambil parang kemudian kembali lagi ke perkarangan milik saksi korban.

Selanjutnya terdakwa menunggu diatas sepeda motor sambil mengamati situasi disekitar sedangkan Candra berjalan kaki mendekati tembok pagar perkarangan milik saksi korban dan memanjatnya setelah berada didalam perkarangan Candra mengamati buah pisang yang akan diambil, selanjutnya menebang dan mengambil 1 tandan pisang kepok dari pohon pisang tersebut.

Hanya saja pada saat Candra akan membawa pisang keluar dari perkarangan tiba-tiba saksi korban keluar dari dalam rumah yang berada persis didepan lokasi perkarangan sambil berteriak maling-maling' sehingga spontan menarik perhatian banyak warga yang lalu berdatangan.

Melihat hal tersebut lalu terdakwa berusaha melarikan diri dengan mengendarai sepeda motor namun saksi korban menarik baju terdakwa dari belakang hingga terdakwa terjatuh sedangkan Candra berhasil melarikan diri dan sempat mengayunkan sebilah parang kepada warga saat akan berusaha menangkapnya.

Penulis: bt. Editor: bt.