HETANEWS

Pesawat Jet Pribadi Angkut 10 Orang Terbakar Setelah Gagal Lepas Landas di AS

Pesawat jet pribadi terbakar setelah gagal lepas landas di Oroville, Northern California. (foto/AP)

Amerika Serikat, hetanews.com - Pesawat jet terbakar setelah gagal lepas landas di Bandara Oroville, Northern California, Amerika Serikat, Rabu (21/8/2019). Sebanyak 10 penumpang dan kru berhasil menyelamatkan diri sebelum api membesar.

Juru Bicara Badan Penerbangan Federal AS (FAA) Ian Gregor, seperti dikutip dari Associated Press, Kamis (22/8/2019), mengatakan, pilot pesawat jet Cessna Citation itu membatalkan lepas landas tanpa alasan jelas. Pesawat membawa dua kru dan delapan penumpang.

Menurut dia, pesawat sedianya akan terbang menuju Bandara Internasional Portland di Oregon. Berdasarkan keterangan di situs web FAA, pesawat yang terbakar merupakan Cessna model 560XL yang diproduksi pada 2003.

Sementara itu, kepala kepolisian dan dinas pemadam kebakaran Oroville Joe Deal mengatakan, ada masalah pada mesin saat proses lepas landas yang berujung pada kebakaran. Pesawat tergelincir ke ujung landasan lalu terbakar di atas rerumputan kering.

Video dan foto yang beredar di media sosial menunjukkan pintu dalam kondisi terbuka, namun roda pesawat tampaknya terselip di tanah. Api melalap bagian tengah pesawat.

Deal menambahkan, pesawat itu merupakan jet pribadi yang sedang disewa perusahaan.

"Pesawat mencoba untuk lepas landas, tapi berdasarkan laporan awal jet itu tak bisa mengudara," kata Deal, seraya menambahkan, pesawat lalu tergelincir ke ujung landasan sebelah utara.

Petugas pemadam kebakaran dengan cepat memadamkan api di rumput yang bisa saja menjalar dan meluas. Namun tak mudah untuk memadamkan api di pesawat karena bahan bakarnya masih penuh yakni berkapasitas 400 galon.

FAA dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) menyelidiki kecelakaan ini.

sumber: inews.id

Editor: sella.