HETANEWS

Reaksi Para Artis Terkait Ceramah Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad

Jakarta, hetanews.com - Banyak reaksi terkait ceramah ustaz Abdul Somad yang dianggap menistakan agama. Beberapa artis pun turut memberikan komentarnya.

Salah satu yang berkomentar adalah Choky Sitohang. Posting 2 Chorintias 5:21, Choky Sitohang tetap mendoakan ustaz Abdul Somad dan keluarga selalu dilindungi dalam kehidupan damai dan sejahtera.

"Yang kami kasihi: Ustad Abdul Somad,

Damai sejahtera bagimu dan keluargamu.
Saat saya dilahirkan di negeri yang ber-Bhineka Tunggal Ika ini, sy tdk bs memilih apa agama sy selain yg diyakini oleh orang tua saya, yaitu agama Kristen. Tetapi seiring sy bertambah dewasa dan mengenal kasih Tuhan, sy pun menjadi percaya sepenuh hati bahwa firman-Nya adalah KEBENARAN dan KASIH. Tuhanlah yg memampukan sy menjadi org yg menghargai perbedaan dan menghormati keyakinan orang lain

Sbg seorang Muslim, sy percaya Anda mengenal nama Isa Almasih. Dialah Yesus Kristus yg mengajarkan kami tentang kasih sejati, yaitu pengorbanan-Nya diatas kayu salib; bukan hanya buat yg percaya kpd-Nya, tapi utk semua org, apapun keyakinannya. Anda tdk percaya kebenaran ini? Sy menghormati pilihan Anda. Tetapi itu tidak mengubah fakta, 2000 tahun yg lalu Yesus meninggalkan keilahian-Nya, menjadi serupa dgn manusia dan mati diatas kayu salib, menanggung dosa kita. Krn tdk ada jalan lain bagi manusia utk memperoleh pengampunan dari Tuhan jika Yesus tdk mengorbankan diri-Nya," sebagian tulisan Choky.

Choky menjelaskan kekeliruan UAS mengartikan salib. Menurutnya, salib bukan hanya sekadar simbol.

Selain Choky Sitohang, ada juga Ari Wibowo yang ikut menyuarakan isi hatinya. Ari posting foto Paus Fransiskus yang bicara tentang 'bagaimana bila agamamu dihina'.

Dalam postingannya tertulis Paus Fransiskus mengatakan tidak ada kerendahan hati tanpa penghinaan, dan jika engkau tidak dapat menahan beberapa penghinaan dalam hidupmu, engkau belum rendah hati.

Video ustaz Abdul Somad menjawab pertanyaan tentang salib kini viral di media sosial. Tagar #saveUAS pun menggema.

Di tengah kabar tersebut, ada banyak dukungan untuk sang ustaz. Arie Untung yang merupakan sahabat sang ustaz pun turut memberikan pandangannya mengenai kasus tersebut. Meski ia sebenarnya tak menulis dengan jelas kepada siapa tulisan itu dituju, namun netizen seperti begitu yakin itu untuk mendukung ustaz Abdul Somad atau kerap disapa UAS.
Baca juga: Sebelum Meninggal, Arifin Ilham Minta Istri Pakai Baju Putih

"PADANG
.
Suatu hari
Di rumah suami istri asal jawa ngobrol tentang kasus kemalingan
.
"Ono kemalingan buk ning omahe Pak Ucok"
"Lho jam piro pak?"
"Jam 7 pagi"
"Walaaah Padang padaang kok nyolong"
.
Kebetulan
Ada tetangga yg merekam
Kemudian diperdengarkan di kelurahan
.
Sampailah pada sebuah kesimpulan
"Waah orang jawa itu telah menuduh orang padang yg mencuri" (Bhs jawa, padang = terang)
.
Salah faham? Yes
Sengaja? Tergantung niat
.
Nah zaman ini
berbicara dng yg sefaham
di "rumah"nya sendiri
Untuk kalangan rumah tersebut, adalah sesuatu yg dicari2 sebagai pelanggaran etika
Yg salah yg ngobrol afau yg menyebarkan agenda privasi ini?
Padahal dalam kasus hukum
menyebar luaskan pembicaraan private adalah sesuatu yg melanggar hukum (Contoh rekaman tel yg pernah viral dll)
Anyway..
.
Akan jauh Berbeda
jika hal inj diutarakan di forum publik yg bersifat majemuk
.

Clear siih
.
Sesuatu yang jelas posisinya
Ada yg salah faham
Atau sengaja disalah fahamkan
Asal usul nya pun sudah jelas
Lokasinya pun jelas
Materinya pun jelas
Hanya berbicara untuk yang sesama mengerti
Bukan mengajak bicara yg jelas tidak akan mengerti
pihak yg diserang pun pernah punya contoh yg sama tapi memilih tdk mempublish, .
Tapi sekarang
Satu demi satu mulai tersebar di FGD perlakuan yg sama sebaliknya beredar juga
Ini juga mulai membakar kemarahan
.
Wah bakal rame niih
Pilihannya .
ujung damai atau ujung panas?
.
Trus
.
ZOOM OUT yuk
Ujung2 panasnya mau kemana sih?
Perang saudara?
siap itu pilihannya?
Yg punya bisnis jelas akn berantakan
.
Ngga capek ya?
Belum lama kelar pemilu
Mau akur2an
Ada aja lagi yg mulai
Sekarang ada yg lg tepuk tangan
.
.
Udah
Yuk jangan terpancing
Kita ini butuh waktu utk memulai membangun
Kolaburasi lebih baik untuk mendorong perekonomian kita nih
banyak PR
.
Klo kita terpuruk
Yg terpuruk bukan golongan A atau golongan B doaaang
BARENGAAAN
.
.
Nah
Yg doyan ribut?
Santuy
aku ngga ngalangin
Monggo dilanjut
Silakan habisin waktu dan energi
.
Yg sukanya adem
Santuy
Ayok lah ngopi
diskusi "duduk bareng"
Kapan mau maju?
Kalo recehan terus yg dibahas?
.
.
Mkn
Konflik adalah "komiditi"
tapj masing2 kita ngga boleh capek jadi duta pendamai
.
Autodelete debat," tulisnya. 

sumber: detik.com

Editor: sella.