HETANEWS

Tolong Bu Hakim, Hukuman Diringankan, Saya Nyesal dan Akui Kesalahan, Ucap IRT

Siantar, Hetanews.com- Rita Uli br Manalu (34), seorang ibu rumah tangga (IRT) yang berdomisili di Jalan Bah Kora II Bawah Kelurahan Sukaraja kecamatan Siantar Marihat, dituntut hukuman 4 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Secsio Jimec Nainggolan SH, Selasa (17/3). Kata Jaksa, terdakwa telah terbukti melanggar pasal 351 jo pasal 55 (1) ke1 KUHP.

Mendengar tuntutan Jaksa, terdakwa pun memohon pengampunan majelis hakim. Ia berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. "Tolong bu hakim, hukuman saya diringankan, karena saya menyesal dan mengakui kesalahan saya. Saya janji tidak akan mengulangi lagi", ucapnya menunduk.

Dipersidangan itu sebelumnya, Jaksa mengatakan  IRT itu telah terbukti melakukan penganiayaan terhadap saksi korban Duma Simamora, Minggu (26/10/2014) di halaman rumah saksi korban di Jalan Bahkora II. Terdakwa dan saksi korban yang masih bertetangga sebelumnya sudah lama berselisih paham.

Saat kejadian, terang Jaksa, saksi korban sedang berada di halaman rumahnya sambil menggendong anak. Lalu, korban berkumur-kumur dan membuang air kumurannya ke halaman. Terdakwa yang kebetulan melintas pun merasa tersinggung, dan marah-marah sambil melempar batu kearah korban.

Karena korban berhasil mengelak dan membalas memaki, terdakwa datang menghampiri  korban dan menjambak rambutnya hingga keduanya terjadi pergumulan antara keduanya. Anak korban pun jadi terlepas dari gendongan.

Akibat perbutan terdakwa, korban mengalami luka sesuai Visum et Revertum No: 13650/VI/UPM/VER/X/2014. Menurut jaksa, hal yang memberatkan terdakwa belum melakukan perdamaian dengan saksi korban. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa seorang ibu rumah tangga yang masih mempunyai anak kecil.

Usai mendengarkan tuntutan Jaksa dan permohonan terdakwa, majelis hakim yang dipimpin Ledis M Bakara SHMH menunda persidangan hingga pekan depan untuk membacakan putusan. 

Penulis: res. Editor: ebp.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.