HETANEWS

Viral Duit Jutaan Rupiah Dimakan Rayap, Begini Cerita di Baliknya

Uang Dimakan Rayap

Jakarta, hetanews.com - Nasib kurang beruntung dialami oleh seorang warga. Bagaimana tidak, uang yang ia simpan dengan jumlah jutaan rupiah harus lenyap sebagian karena dimakan rayap.

Foto uang yang dimakan rayap itu pun viral karena diunggah di media sosial.

Warga kurang beruntung itu bernama Putri Buddin, warga Jakarta Selatan. Putri bercerita, uang itu sebenarnya ialah uang yang ia berikan ke neneknya 2 tahun untuk simpanan.

"Jadi tadinya uang itu aku kasih nenek aku. Cuma nenek aku selalu nolak buat nerima uang. Akhirnya aku bilang ditabung aja, kalau nenek mau ambil, ambil aja, gitu," katanya, Selasa (20/8/2019).

Mulanya, dia memberikan uang ke neneknya sekitar Rp 3 juta. Tapi, uang itu dikembalikan ke Putri. Sang nenek, kata Putri, memintanya untuk menyimpan sendiri.

Putri pun memilih untuk menyimpannya ke lemari kayu. Dia berkata kepada neneknya agar mengambil uang itu saat dibutuhkan.

"Seingat aku, ngasih ke nenek aku cuma sekitar Rp 3 jutaan, tiba-tiba dia ngasih uang dia bilang 'nih udah banyak simpan sendiri aja'. Akhirnya aku simpen di lemari kayu, terus aku bilang 'kalau nenek mau ambil, ambil aja di sini'," ujarnya.

Memang, Putri sempat berpikir jika uang itu diambil neneknya. Lantaran, ia sempat melihat neneknya bolak-balik ke lemari kayu tersebut.

Hingga, nenek Putri meninggal setahun lalu. Putri pun lupa jika menyimpan uang tersebut di lemari.

Bertepatan 17 Agustus lalu, Putri kembali menyentuh lemari kayu tersebut. Ia berniat mencari baju untuk pergi. Tak di sangka, ia melihat banyak sekali rayap di lemari. Di sana juga, ia melihat uang itu masih ada dan tidak diambil si nenek.

"Pas aku lihat uang yang aku simpan itu nggak diambil nenek aku, tapi ditambahin malah," ujarnya.

Putri memperkirakan, uang yang tersimpan di lemari mencapai Rp 10 juta. Sebab, ada dua bundel atau gepok duit.

"Jadi dari Rp 3 juta itu, pas aku lihat dia (uang) sudah kena rayap, aku taksir Rp 10 jutaan, karena sudah ada dua bundel. Satu bundel itu sudah jadi sarang rayap banget, langsung dibuang kan. Satu bandel lagi dimasukin di plastik, yang satu lagi dibuang itu dimasukan map," jelasnya.

Putri menuturkan, dari sekitar Rp 10 juta, yang berhasil selamat sekitar Rp 5,4 juta. Uang yang selamat itu ia unggah di Twitter dan mendapat respons dari warganet.

"Aku upload Twitter, ternyata responsnya banyak banget dan pada nyuruh ke BI (Bank Indonesia). Yaudah ke BI," tutupnya.

sumber: detik.com

Editor: sella.