HETANEWS

YP Sisingamangaraja Tanjungbalai Adakan Berbagai Perlombaan Rayakan HUT RI ke 74

Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial dan istri pada acara puncak HUT YP Sisingamangaraja Tanjungbalai.

Tanjungbalai, hetanews.com - Yayasan Perguruan (YP) Sisingamangaraja, yang berlokasi di jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Indra Sakti, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai, melaksanakan berbagai kegiatan, dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 dan HUT Perguruan Sisingamangaraja ke-108.

Puncak acara, dihadiri langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial, didampingi Ketua TP-PKK, Sri Silvisa Novita.

Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi keberadaan YP Sisingamangaraja yang berperan dalam dunia pendidikan, khususnya di Kota Tanjungbalai.

YP Sisingamangraja adalah salah satu sekolah terbaik, di Kota Tanjungbalai, karena didukung fasilitas yang cukup baik, dan sistem sekolah yang mengutamakan kedisiplinan. Terkait penyelesaian masalah drainase di gedung sekolah PG-TK dan SD Sisingamangaraja, Pemko Tanjungbalai akan segera memperbaikinya, ungkap Wali Kota.

Sebelummya, Mathias, selaku Ketua Dewan Pengurus Yayasan Perguruan Sisingamangaraja menyatakan, bahwa Sekolah Sisingamangaraja, merupakan sekolah umum dan terbuka untuk multi etnis.

Sekolah Sisingamangaraja, salah satu sekolah tertua di Sumatera Utara dan kedua di Indonesia, setelah Universitas Indonesia, menurut data dari sumber internet.

Sekolah Sisingamangaraja berdiri tahun 1911 dan saat ini berusia 108 Tahun, serta telah banyak mengukir prestasi. Diantaranya, pada tahun 2019 ini, berhasil mengirimkan 20 siswa ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Saya berharap, kiranya Pemko Tanjungbalai, juga membantu perbaikan drainase, di sepanjang jalan menuju ke Sekolah SD dan PG-TK Sisingamangaraja Tanjungbalai yang sering terjadi banjir, harap Mathias.

Sementara itu, tokoh masyarakat, HM. Kosasih, memberikan apresiasi kepada Yayasan Perguruan Sisingamangaraja yang telah mendukung program pendidikan, mengutamakan sistem pendidikan yang melatih disiplin dan sifat kekeluargaan para pelajarnya.

Ketua Panitia, Tony Achi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan sponsor, sehingga pelaksanaan acara tahun ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Kemeriahan pada acara HUT YP Sisingamangaraja Tanjungbalai.

Puncak acara juga dihadiri Dewan YP. Sisingamangaraja, Plt. Kadis Pendidikan Rukiah, Tokoh Masyarakat sekaligus Ketua PMI Tanjungbalai  HM. Kosasih serta tamu undangan dari sponsor dan juara pemenang lomba.

Berdasarkan laporan ketua panitia penyelenggara, Tony Achi menyampaikan, YP. Sisingamangaraja mengadakan serangkaian kompetisi antar pelajar sekota Tanjungbalai dan se kabupaten Asahan yang melibatkan para pelajar dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA di bidang olahraga, seni, talent dan akademis.

Serangkaian lomba dan perayaan ini dimulai dari tanggal 5 s/d 16 Agustus 2019 yang terdiri dari perlombaan cabang olahraga futsal, badminton, voli serta senam kreasi remaja. Untuk bidang akademis dilakukan lomba Sigma Story-Telling, Pidato Mandarin serta Sigma Expo. Khusus untuk Sigma Expo ini, melibatkan peserta yang berasal dari SMA sekota Tanjungbalai dan se kabupaten Asahan dan diikuti 475 peserta dalam 10 mata pelajaran yang diujikan, katanya.

Lanjutnya lagi, untuk perlombaan seni terdiri dari sigma idol, sigma mencari bakat, dan sigma fashion show bahan bekas. Selain itu, untuk tingkat PG-TK juga digelar fashion show ibu dan anak serta tingkat SD diadakan kompetisi hitung cepat, sempoa dan spelling bee.

YP. Sisingamangaraja juga mengikuti pawai budaya baju adat nusantara dari berbagai daerah di indonesia saat HUT Ke-74 RI usai upacara detik detik proklamasi diiiringi oleh marching band sekolah Sisingamangaraja, bahana sigma musica, mendapat sambutan  hangat dari masyarakat Kota Tanjungbalai yang menyaksikannya.

Selanjutnya, YP. Sisingamangaraja juga menyelenggarakan donor darah yang dilaksanakan pada (18/8/2019).

Kegiatan donor darah yang merupakan agenda tahunan Perguruan Sisingamangaraja dan pada tahun ini diikuti oleh 80 orang, dimana jumlah darah yang terkumpul 73 kantong darah. Peserta donor darah berasal dari masyarakat umum dan juga staf pendidik dari Perguruan Sisingamangaraja.

Acara yang mengambil tema “Indahnya Keberagaman Menjadi Kekuatan Kita”. Acara yang diisi dengan berbagai pertunjukkan menarik dari peserta lomba dan tarian penyambutan khas Batak dan Tarian Persembahan khas Melayu. Selain itu, pada acara ini juga ditampilkan Tari Kebhinekaan yang diasuh oleh Guru Seni SMP Sisingamangaraja, Ibu Ceriati yang menampilkan 63 penari yang berasal dari SMP dan SMA Sisingamangaraja yang membawakan 10 rangkaian tarian Tionghoa, Bali, Karo, Aceh, Melayu, Batak Toba, Simalungun, Nias, Tapsel, Dairi dan Padang.

Saat acara puncak HUT YP. Sisingamangaraja, marching band Bahana Sigma Musica, membawakan lagu selamat ulang tahun, mengiringi pemotongan tumpeng yang dilakukan Wali Kota Tanjungbalai dan selanjutnya diberikan kepada Dewan Yayasan Perguruan Sisingamangaraja.

Kepada para pemenang lomba, panitia memberikan hadiah berupa trophy, medali, sertifikat dan uang pembinaan dalam bentuk tabungan.

Penulis: ferry. Editor: gun.