HETANEWS

Ratusan Warga Tanjugbalai Ikuti Pelatihan dan Lomba Merangkai Bunga Hantaran

Para Ibu - ibu saat memperlihatkan hasil kreasinya disaksikan Sri Silvisa Novita.

Tanjungbalai, hetanews.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Tanjungbalai, bersama  "Gerova Hantaran", menggelar pelatihan merangkai bunga hantaran, di pendopo rumah dinas Wali Kota Tanjungbalai, Senin (19/8/2019), lalu.

Kegiatan yang bertemakan "Dengan semangat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-74 RI tahun 2019, mari kita tingkatkan kreatifitas dengan mengembangkan nilai-nilai tradisi dan budaya", ini dibuka langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Ke-74 RI. Tidak hanya menggelar pelatihan merangkai bunga, panitia juga menggelar lomba yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir.

Pelatihan yang diikuti 200 orang peserta, terdiri dari Ibu Bhayangkari, Jala Senastri, Persit, Dharmakarini, TP-PKK , HARPI (Himpunan Perias Pengantin), GOW, KPPG, Kartini AMPI, Karang Taruna, Srikandi MAPAN, Ibu Pengajian Al Washliyah, Komunitas Pecinta Lingkungan dan masyarakat umum.

Lomba merangkai bunga sendiri, diikuti 50 peserta yang terdiri dari perwakilan masing - masing organisasi dan masyarakat umum. Seluruh peserta akan dilatih oleh Ketua Dekranasda Tanjungbalai, Hj. Sri Silvisa Novita yang juga pemilik "Gerova Hantaran".

Para pemenang lomba akan menerima hadiah, trophy dan sertifikat, yaitu untuk juara I s/d VI dan hadiah berupa bingkisan untuk juara harapan I s/d VI.

Kegiatan ini, terlaksana disamping memeriahkan HUT RI juga sebagai wujud kepedulian Ketua Dekranasda, Ny. Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial, dalam pengembangan SDM khususnya minat dan bakat kreativitas masyarakat Kota Tanjungbalai.

Ketua Dekranasda Kota Tanjungbalai, Sri Silvisa Novita dalam kesempatan tersebut, mengatakan, kegiatan ini sangat positif, karena dapat membangkitkan kreatifitas para wanita/Ibu-ibu. Tidak hanya itu, kegiatan ini dapat menambah nilai ekonomis dan pendapatan bagi para ibu ibu. Dimana para ibu - ibu dapat bekerja di rumah atau dimana saja, ucapnya kepada Hetanews.com, Selasa (20/8/2019).

Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi para ibu ibu Kota Tanjungbalai untuk melihat peluang pasarnya, terus belajar dan mengikuti perkembangan model bunga hantaran. Karena setiap saat akan muncul model baru bunga hantaran yang lebih modern dan diminati masyarakat, sebutnya

“Kita mengetahui hampir setiap kegiatan atau acara terutama acara pernikahan ada rangkaian bunga. Bila para ibu sekalian dapat merangkai bunga tentu akan sangat membantu sekali,” ujar Ketua Dekranasda.

Tidak hanya itu, dengan mengikuti lomba ini, ibu - ibu yang datang dan mengikuti kegiatan ini dapat mengetahui tata cara merangkai bunga. Setelah itu, Sri Silvisa Novita juga mengharapkan dari peserta lomba ini membuka usaha sendiri.

Dengan demikian, secara tidak langsung dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini. Saya ucapkan terima kasih buat Dekranasda Kota Tanjungbalai dan "Gerova Hantaran" yang sukses melaksanakan kegiatan ini. Apalagi kegiatan yang diselenggarakan sangat membantu para ibu yang ada di Kota Tanjungbalai untuk lebih kreatif dan berinovasi dengan kegiatan baru dan tentunya sangat membantu ibu - ibu sekalian dalam menambah pendapatannya.

Untuk itu, saya berharap para peserta dapat belajar sungguh – sungguh. Perhatikan segala sesuatu yang disampaikan oleh narasumber dan jangan sungkan untuk bertanya jika kurang dimengerti, ujar Wali Kota.

‘’Dengan kegiatan pelatihan dan lomba merangkai bunga ini, diharapkan kedepan akan lahir dan berkembang pesat sentra ekonomi bunga hantaran di Kota Tanjungbalai. Mengingat banyak saat ini pangsa pasar industri kreatif tumbuh pesat di Indonesia dan kami (Pemkot) akan sangat mendukung hal ini,’’ ujarnya.

Akhirnya saya mengucapkan selamat mengikuti kegiatan pelatihan merangkai bunga hantaran, semoga kegiatan diridhoi Allah Swt,  sebutnya.

Penulis: ferry. Editor: gun.