HETANEWS

Kalahkan Malaysia, Australia Juara Piala AFF U-18 untuk Kelima Kali

Australia U-18 juara Piala AFF U-18 2019 setelah mengalahkan Malaysia U-18 1-0 pada final di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam, Senin (19/8/2019) malam.

Inggris, hetanews.com - Australia U-18 meraih trofi Piala AFF U-18 2019 setelah mengalahkan juara bertahan Malaysia U-18 dengan skor 1-0 pada final di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam, Senin (19/8/2019) malam. 

Ini merupakan titel kelima Negeri Kanguru setelah 2006, 2008, 2010, dan 2016. Pencapaian ini membuat mereka menyamai rekor yang digapai Thailand. 

Malaysia yang dilatih mantan pemain Australia  Brad Maloney memaksaThe Young Socceroos kerja keras untuk memastikan kemenangannya. Australia harus menunggu sampai menit ke-79 untuk menjebol gawang Harimau Muda melalui aksi Lachlan Brook. 

Hegemoni Australia sudah terlihat sejak awal pertandingan. Tim yang dilatih Gary van Egmond itu mampu menguasai jalannya pertandingan. Namun, mereka kesulitan untuk menembus ketatnya pertahanan sang juara bertahan yang melaju ke final setelah mengalahkan Indonesia 4-3 di semifinal. 

Peluang pertama baru didapat Australia pada menit ke-11 melalui Dylan Ruiz-Diaz yang memaksimalkan umpan silang Marco Tilio. Namun, tendangannya masih mendarat dalam pelukan kiper Malaysia Sikh Izhan Nazrel.

Berbagai usaha pun terus diupayakan Australia. Namun, disiplinnya pertahanan Malaysia membuat The Young Socceroos kesulitan menembusnya. Bahkan, Malaysia sesekali mampu mengirimkan serangan balik berbahaya. 

Akhirnya, yang ditunggu Australia datang pada menit ke-79 saat Brook melepaskan tendangan cip yang melewati kepala Nazrel. Itu menjadi satu-satunya gol yang menentukan hasil pertandingan.

sumber: inews.id

Editor: sella.