HETANEWS

Polisi: Bandara di Manokwari dan Sorong Kembali Beroperasi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Papua, hetanews.com - Kondisi di Papua dan Papua Barat berangsur membaik. Selain aktivitas masyarakat yang kembali berjalan normal, beberapa fasilitas publik juga kembali beroperasi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, bandara di Manokwari dan Sorong yang sebelumnya diduduki massa aksi kini sudah kembali beroperasi secara normal.

"Artinya secara umum situasi Papua boleh dikatakan cukup kondusif," katanya di Mabes Polri, Selasa (20/8/2019).

Dedi menuturkan, semua aspirasi yang disampaikan massa pada aksi Rabu, 19 Agutus 2019 kemarin sudah ditampung dan akan disampaikan ke Pemerintah Pusat. "Apa yang jadi aspirasinya akan diterima, ditampung ke pemerintah pusat. Situasi di Sorong boleh dikatakan cukup membaik," ujarnya.

Secara keseluruhan, Dedi menambahkan, situasi di Papua sangat kondusif. Hal itu terlihat dari aktivitas masyarakat yang berangsur-angsur normal.

Guna menjamin keamanan bagi masyarakat Papua, TNI dan Polri menambah kekuatan sebanyak empat Satuan Setingkat Kompi (SSK). "Untuk tambahan kekuatan ada dari Polda Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Maluku, sudah menempati posisi masing-masing," katanya.

Dia memastikan, aparat keamanan akan melakukan tindakan persuasif guna menghindari jatuhnya korban. "Seluruh anggota Polri yang melaksanakan tugas tidak membawa peluru tajam," kata Dedi.

Kehadiran anggota Polri di lokasi, menurut dia, untuk berkoordinasi dengan TNI, pemerintah daerah (pemda) Papua sehingga dapat meredam dan memitigasi agar tidak ada tindakan yang destruktif.

"Polri mengedepankan langkah-langkah persuasif guna menghindari jatuhnya korban. Itu lebih penting," ujar Dedi.

sumber: inews.id

Editor: sella.