HETANEWS

Zakir Naik Diperiksa 10 Jam oleh Polisi Malaysia

Zakir Naik memenuhi panggilan kepolisian Malaysia untuk diperiksa

Malaysia, hetanews.com - Ulama asal India Zakir Naik dimintai keterangan oleh Kepolisian Malaysia selama 10 jam, yakni sejak Senin (19/8/2019) siang hingga Selasa dini hari.

Pria 54 tahun itu meninggalkan markas besar kepolisian Malaysia di Bukit Aman pada pukul 01.30 waktu setempat. Dia tiba di markas kepolisian pada Senin pukul 15.15 ditemani pengacaranya.

Zakir dimintai keterangan terkait pernyataannya yang dianggap melukai etnis India dan China pada pekan lalu.

Pejabat kepolisian Malaysia, Huzir Mohamed, Selasa (20/8/2019), mengatakan, Zakir diperiksa terkait dugaan pelanggaran Pasal 504 KUHP Malaysia tentang penghinaan yang disengaja dengan maksud memprovokasi dan merusak keharmonisan.

Ini merupakan pemeriksaan kedua terhadap Zakir. Pada Jumat pekan lalu, pria yang sudah mendapatkan kewarganegaraan Malaysia itu diperiks selama 5 jam.

Kasus ini bermula dari ceramahnya pada 3 Agustus 2019 di Kota Baru yang dianggap menghina komunitas Hindu dan China Malaysia, mendorong seruan agar dia dideportasi ke India.

Zakir diburu otoritas India sejak 2016 atas tuduhan pencucian uang dan penghasutan. Namun dia membantah dengan alasan tuduhan tersebut hanya alasan untuk menghentikan aktivitas dan memenjarakannya.

Perdana Menteri Mahathir Mohamad pernah menolak permintaan India untuk mendeportasi Zakir.

sumber: inews.id

Editor: sella.