HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

HUT RI Ke-74 Danramil 0815/14 Dlanggu Bersama Forpimka Ziarahi Makam Pejuang

Plh. Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Czi M. Saiku Anwar Saat Renungan Suci di Makam Pejuang Kemerdekaan RI

Mojokerto, hetanews.com Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 diperingati secara serentak di seluruh pelosok negeri, tidak terkecuali di wilayah Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto.

Beragam kegiatan dan  perlombaan digelar oleh Unsur Pemda, TNI, Polri maupun masyarakat dengan tujuan untuk menyemarakkan peringatan HUT Ke-74  Kemerdekaan RI yang mengusung tema "SDM Unggul Indonesia Maju".

Sejumlah kegiatan mulai tasyakuran, apel kehormatan dan renungan suci (AKRS), upacara detik-detik Proklamasi, ziarah dan tabur bunga di TMP  serta serangkaian kegiatan lainnya.

Selain di TMP Gajah Mada, kegiatan AKRS dan ziarah  juga berlangsung di makam pahlawan maupun pejuang lainnya yang ada di wilayah, salah satunya di TPU Dusun Kebon Alas, Desa Segunung, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Demikian diungkapkan Plh. Danramil 0815/14 Dlanggu Kapten Czi M. Saikhu Anwar, saat ditemui di Makodim 0815 Jalan Majapahit Nomor 1 Kota Mojokerto, Senin (19/08/2019).

Lebih lanjut Kapten Czi M. Saikhu Anwar mengatakan, di TPU Dusun Kebon Alas, Desa Segunung, Dlanggu, terdapat Makam Pejuang Kemerdekaan RI, atas nama Mardaib, yang merupakan salah satu pejuang di wilayah Dlanggu yang tidak dimakamkan di TMP.

Sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan perjuangan beliau semasa hidupnya yang telah rela mengorbankan harta benda dan jiwa raganya, maka seusai tasyakuran malam 17-an, Jum'at (16/08) malam lalu, pihak Forpimka dan instansi terkait di wilayah Dlanggu melaksanakan AKRS dan tabur bunga di Makam Pejuang Kemerdekaan RI asal Dlanggu tersebut.

"Tentunya kita harus bersyukur dapat menikmati kemerdekaan atas perjuangan para pahlawan. Tugas kita tinggal mengisi kemerdekaan ini melalui kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara," tegasnya.

Sesuai data yang dihimpun di lapangan, Pejuang Kemerdekaan yang bernama Mardaib, lahir pada tahun 1924 di Dusun Kebon Alas, Desa Segunung  Kecamatan Dlanggu. Pejuang asli Dlanggu tersebut gugur di Dusun Botok, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Mojokerto pada tanggal 5 Maret 1948 saat Perang Merebut Kemerdekaan RI.                          

Kegiatan AKRS dan tabur bunga yang dipimpin Plh. Danramil 0815/14 Dlanggu tersebut, diikuti Camat Nunuk Djatmiko, S.Sos., M.Si., Kapolsek, Kepala KUA,  Kades se-Kecamatan Dlanggu, Anggota Koramil dan Polsek Dlanggu, Perangkat Desa Segunung, Ahli Waris dan keluarga Almarhum Pejuang Kemerdekaan Mardaib  serta masyarakat setempat.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: anto.