HETANEWS

30 Anggota DPRD Siantar Terpilih Akan Dilantik 2 September 2019

Penyerahan dokumen 30 anggota DPRD Siantar terpilih dari hasil Pilkada 2019 oleh KPU Siantar ke Wakil Wali Kota, Togar Sitorus.

Siantar, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum [KPU] Pematangsiantar telah menerima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara [LHKPN] dari 30 anggota DPRD Pematangsiantar terpilih dari hasil Pilkada serentak 2019. 30 Anggota DPRD Pematangsiantar periode 2019-2024 itu akan diambil sumpah jabatanya 2 September 2019 yang akan datang.

Ketua KPU Pematangsiantar Daniel MD Sibarani mengatakan, penyerahan 30 nama anggota DPRD terpilih berdasarkan hasil pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih Anggota DPRD Pematangsiantar hasil Pemilu 2019. Dokumen ini diserahkan ke Pemko Siantar selanjutnya diteruskan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara [Pemprovsu]. 

"Sudah semua menyerahkan LHKPN. Dokumen tersebut sudah kita serahkan ke pemerintah kota melalui wakil wali kota Togar Sitorus," kata Ketua KPU Daniel MD Sibarani, ditemui usai penyerahan dokumen tersebut di halaman balai kota Pematangsiantar, Senin (19/8/2019) siang.

Komisioner KPU Pematangsiantar, Nurbaiyah Siregar menambahkan, penentuan jadwal pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD Pematangsiantar terpilih itu dia perkirakan paling lama 2 September 2019. Meski demikian, kata dia, penentuan jadwal pelantikan adalah kewenangan pemerintah.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus. Dia menuturkan bahwa masa jabatan anggota DPRD Pematangsiantar periode 2014-2019 akan berakhir pada 31 Agustus 2019. Untuk pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD yang baru, kata dia, akan di gelar 2 September 2019.

"Masa periodesasi [DPRD] kan berakhir 31 Agustus ini. Dan sesudah itu dilantik tanggal satu [1 September 2019]. Kebetulan kan tanggal satu itu jatuhnya hari Minggu. Jadi tanggal 2 September lah," kata Wakil Wali Kota ditemui usai keluar dari ruang kerjanya.

Dijelaskannya, dokumen 30 anggota DPRD Pematangsiantar terpilih  yang diserahkanoleh KPU Pematangsiantar itu akan segera dikirim ke kantor Gubernur Sumut. 

"Untuk yang melantik [DPRD] nanti ketua Pengadilan Negeri [PN] Pematangsiantar dan perwakilan dari [PN] provinsi. Yang penting nanti ada surat dari Mendagri melalui Gubernur," jelas Togar Sitorus mengakhiri.

Baca juga: Ini Nama Anggota DPRD Siantar dari Hasil Rapat Pleno Terbuka

Penulis: gee. Editor: edo.