HETANEWS

Rayakan 74 Tahun Kemerdekaan RI, PKPA Adakan Zero Waste Event di Kecamatan Barusjahe

Rayakan 74 Tahun Kemerdekaan RI, di Kecamatan Barusjahe.

Karo, hetanews.com - Perayaan 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, dapat dipastikan dilakukan dengan meriah, di berbagai daerah.

Tentunya, berbagai rangkaian acara, baik perlombaan, hiburan, pawai dan kegiatan kesenian lain, menjadi kegiatan yang paling banyak dinantikan banyak orang.

Namun ada yang berbeda perayaan kemerdekaan, di kecamatan Barusjahe, kabupaten Karo kali ini, dimana kegiatan yang sangat meriah itu, dilakukan dengan konsep “Zero Waste Event”, Sabtu (17/8/2019), lalu.

Kegiatan yang dilakukan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melalui Dinas Kesehatan setempat, Pemerintah Kecamatan Barusjahe dan Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), secara sepakat akan memeriahkan peringatan kemerdekaan RI,  pada 17 Agustus 2019, di lapangan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 15 Tiga Jumpa, dengan pendekatan gerakan nol sampah, atau lebih dikenal dengan zero waste event.

Berbagai kegiatan, seperti lomba senam lansia, melukis dan promosi cuci tangan pake sabun, dilakukan untuk memeriahkan acara yang dilakukan selama satu hari tersebut.

Selain itu, Yayasan PKPA juga mengumumkan hasil dari kompetisi bidang kebersihan dan kesehatan, sebagai Juara Perempuan WASH dan Duta Kebersihan Sekolah.

Rayakan 74 Tahun Kemerdekaan RI, PKPA  Adakan  Zero Waste Event di Kecamatan Barusjahe.

Yayasan PKPA melalui dukungan Lutheran World Relief (LWR) terus mendukung masyarakat Karo, khususnya masyarakat di desa Sikab, Penampen, Bulanjulu, Bulanjahe di kecamatan Barusjahe dan desa Lingga di kecamatan Simpang Empat dengan program Kopi Nande: Kepemimpinan Perempuan dalam Peningkatan Kebersihan dan Kesehatan.

Pada sambutannya, Kalsium Sitepu, Camat Barusjahe mengatakan, bahwa mereka sangat mendukung program kebersihan dan kesehatan yang dilakukan oleh Yayasan PKPA. Menurutnya, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan yang masih minim dapat meningkat.

Kalsium juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan para stakeholder turut berperan dalam mengampanyekan kebersihan lingkungan, apalagi kondisi sampah saat ini sangat memprihatinkan.

“Kami berharap, baik pemerintah kabupaten, kecamatan dan tingkat desa dapat berkomitmen untuk secara bersama-sama mendukung berbagai kegiatan pada program Kopi Nande ini, karena kita ingin masyarakat berdaya, bersih dan sehat sehingga tercipta kehidupan yang lebih baik,”ungkap Zulpan Efendi Sirait, selaku koordinator lapangan.

Peringatan HUT RI ke 74 tahun tersebut, yang dihadiri ribuan peserta ini, ternyata tetap dapat menjadikan lokasi kegiatan bebas dari sampah. Karena setelah kegiatan selesai dilaksankan, setiap peserta dan pengunjung telah berkomitmen untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, melainkan memasukan pada kantong-kantong sampah yang telah disiapkan oleh penyelenggara.

Penulis: tim. Editor: gun.