HETANEWS

Disuguhkan Air Minum Kemasan Plastik, Sri Mulyani dan Menteri Susi Marah-Marah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sempat emosi ketika disuguhkan air minum kemasan plastik saat mengisi acara di Istora Senayan, Jakarta

Jakarta, hetanews.com - Pemerintah berkomitmen mengurangi sampah plastik karena akan merusak lingkungan, terutama mencemari lautan. Salah satunya dengan melakukan pembatasan penggunaan plastik sekali pakai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun sontak marah-marah begitu disediakan air minum kemasan saat mengisi acara Ignite The Nation Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Satu Indonesia siang ini. Acara ini dihadiri oleh ribuan anak muda.

"Ini botol plastik aku kurang suka," ujar Sri Mulyani sambil memegang botol kemasan sekali pakai tersebut di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Susi pun menambahkan, masyarakat diminta untuk menghindari penggunaan plastik sekali pakai dalam kebutuhan sehari-hari. Termasuk juga dalam acara-acara besar seperti ini.

"Hindari pemakaian plastik sekali pakai! Sampah di laut nomor dua terbesar di dunia," kata dia dengan nada tinggi.

Bulan lalu, Susi memimpin pawai monster plastik di kawasan car free day (CFD), Minggu (21/7/2019). Pawai aksi tolak plastik sekali pakai itu, diikuti 1.500 orang, seperti Pandu Laut Nusantara, 47 organisasi dan komunitas sipil lainnya.

Pasalnya dia berharap isu sampah plastik dapat ditangani serius. Selain karena bermuara di laut Indonesia, sampah tersebut juga dikonsumsi ikan-ikan. Sehingga dapat membahayakan masyarakat yang mengonsumsi.

"Bulan lalu saya demo di depan istana, sekarang saya demo di depan anak-anak muda. Setop pemakaian plastik sekali pakai," ucapnya.

Sri Mulyani menegaskan masyarakat dapat mengganti penggunaan botol minum sekali pakai dengam botol minum yang dapat digunakan berkali-kali seperti tumbler.

"No plastic, gunakan tumbler," tutur dia.

sumber: inews.id

Editor: sella.