HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Danramil 0815/16 Pacet Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Di Ponpes Amanatul Ummah

Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo Saat menjadi Irup pada Upacara Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto

Mojokerto, hetanews.com - Danramil 0815/16 Pacet Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Heru Widodo Cahyono Putro, menjadi Irup pada upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019, di Lapangan Ponpes Amanatul Ummah, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (17/08/2019).

Dalam upacara yang diikuti sekitar 3.000 santri dan guru tersebut, untuk Pejabat Komandan Upacara dipercayakan kepada Babinsa Kembangbelor, Serda Muhammad Hujaemi.

Selepas Irup meninggalkan lapangan upacara dilanjutkan pidato kebangsaan oleh Ketua Yayasan Ponpes Amanatul Ummah DR. H. Muhammad Al Barra, Lc., MM., yang diantaranya menyampaikan, berkat perjuangan para pahlawan Indonesia bisa merdeka, kita sebagai santri dan generasi penerus bangsa harus memiliki jiwa nasionalisme dan cinta tanah air sehingga mampu menjaga dan mengisi kemerdekaan guna menjaga keutuhan NKRI.

Peran para tokoh ulama pesantren dalam masa perjuangan pergerakan kemerdekaan sangat dominan, berjuang bersama santri dengan menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air. Demikian pula dengan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang merupakan seorang ulama yang berjuang merebut Kemerdekaan RI dari para penjajah.

Di akhir pdatonya, Ketua Yayasan Ponpes Amanatul Ummah, mengajak untuk menjaga persatuan dan kesatuan dengan menanamkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air dan memiliki jiwa kebangsaan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Ditemui usai upacara, Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Heru Widodo CP mengungkapkan, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ini merupakan wujud penghormatan sekaligus penghargaan terhadap para pejuang yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

"Upacara ini juga sebagai wahana untuk menanamkan cinta tanah air, nasionalisme dan patriotisme, bagi para santri dan diharapkan kelak menjadi generasi muda yang memiliki SDM Unggul yang dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia," ungkapnya.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: anto.