HETANEWS

Sempat Turun Hujan, Peringatan HUT RI di Desa Limbong Tetap Seru

Para peserta panjat pinang yang dilumuri minyak gemuk berhasil naik ke puncak. (foto/dmk)

Sergai, hetanews.com - Peringatan HUT RI ke 74 tahun, di seluruh daerah Nusantara sudah pasti identik dengan hiburan rakyat. Bahkan sudah menjadi tradisi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bahkan seluruh masyarakat, rela dengan dana swadaya dan apa adanya untuk memperingati dan memeriahkan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Seperti yang dilakukan masyarakat Desa Limbong, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), misalnya.

Masyarakat di sana, rela dan ikhlas mengeluarkan dana secara swadaya, demi memeriahkan hari kemerdekaan yang selalu diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Sebagai tradisi dan sudah menjadi hiburan rakyat, panitia mengadakan berbagai perlombaan, diantaranya, panjat pinang, balap karung, tarik tambang, kursi joget, sarung estapet, giring bola dengan terong dan lain - lain.

Pantauan hetanews.com, di lokasi, Sabtu (17/8/2019), walaupun sempat turun hujan, namun tidak menyurutkan semangat para peserta lomba.

Sarianto Damanik, calon Kades Limbong (paling pinggir sebelah kiri kemeja hitam putih) saat foto bersama pantia. (foto/dmk)

Dan peserta panjat pinang yang dilumuri dengan minyak gemuk tetap memanjat, dengan melakukan cara saling menangga, memijak teman dari bawah sampai ke atas hingga mendapatkan hadiah.

"Seru kalilah bang. Apalagi panjat pinangnya, sempat tadi jatuh - jatuh, tapi akhirnya bisa juga,"ucap warga.

Suriadi, selaku bendahara panitia, kepada hetanews.com mengatakan, jika kegiatan ini dilakukan rutin setiap perayaan 17 Agustus.

"Walaupun dengan dana apa adanya, tapi kami selalu mengadakan lae. Tujuannya, ya untuk memeriahkan kemerdekaan bangsa kita dan selalu mengenang jasa para pahlawan kita,"ujarnya.

Adapun susunan panitia HUT RI ke 74, di Desa Limbong, yakni, sebagai Ketua Samsul Bahri, Sekretaris Riyky Fadli, dan Bendahara Suriadi.

Diketahui, Desa Limbong ini, terdiri dari lima dusun, dengan jumlah penduduk sekitar 3000 jiwa.

Penulis: dmk. Editor: gun.