HETANEWS

Peso Terjun Bebas, Menteri Keuangan Argentina Mundur

Menteri Keuangan Argentina Nicolas Dujovne mundur dari jabatannya

Argentina, hetanews.com - Menteri Keuangan Argentina Nicolas Dujovne memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya di tengah tantangan krisis ekonomi yang melanda negara tersebut. Krisis tersebut telah membuat kurs Peso melemah selama sepekan.

Minggu (18/8/2019), dalam surat pengunduran diri yang disampaikan pada Sabtu (17/8/2019) kemarin, Dujovne menilai, pemerintah Argentina membutuhkan pembaruan signifikan untuk mengurusi perekonomian. Ia mengaku telah berusaha sekuat tenaga menjalankan tugasnya, dan berupaya menekan defisit yang signifikan serta memangkas pengeluaran publik.

"Kami telah membuat kesalahan, tanpa keraguan, kami tidak pernah ragu untuk menyadari itu dan melakukan semua yang mungkin untuk memperbaikinya," kata Dujovne dalam suratnya ke Presiden Argentina Mauricio Macri. 

Macri telah menunjuk Hernan Lacunza, Menteri ekonomi untuk provinsi Buenos Aires, sebagai pengganti Dujovne, kata sebuah sumber pemerintah kepada Reuters.

Peso Argentina ARS terjun bebas selama sepekan ini setelah 

Alberto Fernandez mengalahkan calon dari petahana Macri dalam pemilihan pendahuluan Argentina pada Minggu (11/8/2019) lalu. Peso mengalami depresiasi 21 persen terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Tak hanya itu, lembaga pemeringkat Fitch dan S&P menurunkan peringkat utang pemerintah Argentina, sehingga menambah kekhawatiran adanya kemungkinan gagal bayar (default) di tengah pemilihan presiden pada Oktober mendatang. 

sumber: inews.id

Editor: sella.