HETANEWS

Malam Renungan Suci Menurut Kapolres Tanjungbalai

Upacara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Tanjungbalai. (foto/ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com - Untuk mengenang jasa  pahlawan yang telah gugur di medan perang, diadakan upacara  apel kehormatan dan renungan suci, di Taman Makam Pahlawan Tanjungbalai, tepat pukul 00.00 WIB, menjelang hari kemerdekaan RI ke 74, Sabtu (17/8/2019).

Danlanal TBA Letkol laut (P)  Ropitno MTr. Hanla, bertindak selaku Inspektur Upacara dengan personil apel yang terdiri dari Pleton Personil TNI AL, Pleton Personil TNI AD, Pleton Brimob Kompi 3 Batalyon B, Pleton Personil Polres Tanjungbalai, OPD dan Korpri Kota Tanjungbalai.

Turut hadir, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, Wakil Wali Kota Tanjungbalai, Ismail Marpaung, Ketua DPRD, Maralelo Siregar, mewakili Dandim 0208 Asahan, Ketua Pengadilan Agama, Edy Hapony,  Danki Brimob Kompi 3/B, Iptu Heri Sutikno, mewakili BNN Kota Tanjungbalai.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, diiringi dengan acara  menyalakan obor induk seraya  mengheningkan cipta dan  dirangkai dengan kalungan bunga, di taman makam pahlawan tersebut.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai yang ditemui usai kegiatan tersebut mengatakan, renungan suci tersebut, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dalam memperingati HUT kemerdekaan RI.

Menurut AKBP Irfan Rifai, pelaksanaan renungan suci yang baru saja dilaksanakan itu, sebagai bentuk penghormatan terhadap para pejuang atau pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga, demi kemerdekaan Republik Indonesia.

Renungan suci yang dibacakan tadi, tetap harus menjadikan hati dan tekad rakyat untuk mengibarkan bendera merah putih, apapun yang terjadi di Negara Indonesia dan mendoakan arwah para pahlawan yang telah mempertahankan kemerdekaan  ini. Itulah wujud rasa syukur untuk mempertahankan kemerdekaan, ungkapnya.

Penulis: ferry. Editor: gun.