HETANEWS

130.383 Narapidana Dapat Remisi Kemerdekaan, 2.790 Langsung Bebas

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly.

Jakarta, hetanews.com - Sebanyak 130.383 narapidana mendapatkan remisi umum pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebanyak 2.790 orang di antaranya langsung bebas.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan, pemberian remisi tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), melainkan mengapresiasi narapidana yang telah berhasil menunjukan perubahan perilaku yang positif.

"Melalui pemberian remisi ini diharapkan seluruh WBP selalu patuh dan taat kepada hukum/norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab kepada Tuhan YME maupun sesama manusia,” kata Yasonna, Sabtu (17/8/2019).

Program pemberian remisi umum ini, kata Yasonna, sejalan dengan program pemerintah Indonesia yang ingin mewujudkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal itu untuk menjadikan Indonesia negara yang maju.

"Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan yang menjadi solusi penyelesaian permasalahan-permasalahan Pemasyarakatan harus mampu menyentuh pelbagai program pembinaan sehingga dapat mengantarkan mereka menjadi manusia yang berkualitas," ucapnya.

Data Pemasyarakatan mencatat tanggal 14 Agustus 2019, jumlah WBP seluruh Indonesia berjumlah 265.151 orang dengan rincian narapidana sebanyak 199.263 orang dan tahanan sebanyak 65.888 orang.

sumber: inews.id

Editor: sella.