HETANEWS

Tarian Adat Sambut Tamu Undangan HUT ke-74 RI di Istana Negara

Paskibraka nasional gelar gladi kotor di Istana

Jakarta, hetanews.com - Peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka Jakarta berlangsung meriah, Sabtu (17/8). Pihak panitia menyajikan berbagai pertunjukan untuk para tamu undangan sebelum Peringatan Upacara Detik-detik Proklamasi.

Adapun pertujukan yang ditampilkan yaitu tarian adat dari berbagai dari berbagai daerah. Salah satunya yaitu tarian Mataya Swarna Dwipa asal Pulau Sumatera, yang dikenal sebagai bumi ramah.

Selain itu, adapula tarian Soreng asal Magelang. Tarian ini merupakan kesenian rakyat yang menggambarkan seorang prajurit yang tegas, gagah dan enerjik.

Pihak panitia sengaja menyuguhkan tarian ini untuk para tamu undangan yang tengah menunggu kedatangan bendera pusaka. Nantinya, bendera pusaka akan dikirab dari Monumen Nasional ke Istana Merdeka.

Para tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Indonesia. Adapula yang memakai setelan jas pria dan kebaya pria.

Pihak panitia mempersiapkan 11.000 kursi bagi para tamu undangan yang menyaksikan langsung peringatan HUT ke-74 RI di Istana.
Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 persen dialokasikan bagi unsur pemerintah, sedangkan 70 persen lainnya dialokasikan untuk masyarakat.

Adapun pada upacara di sore harinya, sebanyak 13.000 kursi untuk para tamu undangan juga telah dipersiapkan. Menjelang upacara, sejumlah hiburan disajikan ke tamu undangan mulai dari tarian tradisional dan musik tradisional.

"Dibagi dua acara kenegaraan. Detik-detik proklamasi sudah, kedua sebelum dan sesudah. Sebelum ada acara hiburan musik dan segala macam," ujar Kepala Sekretariat Presiden Haru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 16 Agutus 2018.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut akan dimulai dengan kirab bendera pusaka. Kemudian, teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka.

Upacara pengibaran bendera sang saka merah putih akan digelar di Halaman Istana Merdeka pada pukul 10.00 WIB. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

sumber: merdeka.com

Editor: sella.