HETANEWS

Hutan Bukit Barisan di Sipaga-paga Madina Terbakar, Polisi Kejar Pelaku

Petugas berjibaku memadamkan kebakaran Hutan Bukit Barisan, Kabupaten Madina, Sumut, Kamis malam (16/8/2019).

Bukit Barisan, hetanews.ocm - Kebakaran melanda Hutan Bukit Barisan di kawasan Sipaga-paga, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), Kamis malam (15/8/2019). Namun, tim gabungan telah berhasil memadamkan api. Saat ini, polisi mengejar pelaku yang diduga sengaja membakar hutan tersebut.

Kabag Ops Polres Madina Kompol Agus Maryana mengungkapkan, lahan yang terbakar di kawasan Sipaga-paga mencapai lebih dari 2 hektare (ha). Luasnya area yang terbakar karena area itu merupakan kawasan ilalang dan banyak ranting kecil.

”Angin kencang juga mempercepat api dengan cepat membakar area lahan yang terbakar,” ujar Agus di Madina, Jumat (16/8/2019).

Agus mengatakan, tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, TNI, dan Polri, sempat mengalami kesulitan untuk memadamkan kebakaran lahan. Pasalnya, akses menuju lokasi sulit dilewati. Petugas harus berjalan dengan kondisi jalan menanjak hingga sejauh 400 meter.

“Di sisi lain, keberadaan alat pemadam juga serba terbatas hingga membuat petugas kian kesulitan untuk memadamkan api,” ujarnya.

Agus juga mengatakan, dari hasil penyelidikan sejauh ini, penyebab kebakaran diduga karena unsur kesengajaan. Tim gabungan menemukan sejumlah alat bukti terkait dugaan beberapa oknum yang sengaja membakar hutan untuk membuka lahan. Saat ini, polisi masih mengejar pelaku.

“Identitas pelaku masih dalam pendalaman. Penyidik saat ini masih menggali keterangan sejumlah saksi yang merupakan warga sekitar," katanya.

Meskipun api sudah berhasil dipadamkan, petugas gabungan juga masih terus bersiaga di lokasi kebakaran lahan. Tim bersiap-siap mengantisipasi kebakaran lahan susulan.

sumber: inews.id

Editor: sella.