HETANEWS

Plt Bupati Asahan bersama Forkompinda Silaturahmi dengan Para Pejuang Kemerdekaan RI

Disaksikan Dandim 0208/As, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc, memberikan penalih kasih kepada pejuang LVRI, di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Kamis (15/8/2019).

Asahan, hetanews.com - Plt Bupati Asahan, H Surya BSc, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melakukan silaturahmi dengan para pejuang/perintis (Veteran) kemerdekaan dalam rangka peringatan HUT ke-74 kemerdekaan RI, di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Kamis (15/8/2019).

Kepala Dinas Sosial Asahan, Muhammad Rais SH, dalam laporannya mengatakan, ramah tamah dihadiri DPC Legiun Veteran RI sebanyak 93 orang, DHC 45 sebanyak 41 orang dan DPC Pebabri sebanyak 16 orang.

Ketua DPC LVRI Asahan, Bungaran Tua Pasaribu menyampaikan, kemerdekaan Indonesia diperoleh dari hasil perjuangan seluruh komponen bangsa yang beragam suku, kepercayaan dan agama yang beragam dari Aceh hingga Papua (Sabang sampai Merauke).

"Sejarah perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan oleh rakyat Asahan ditandai dengan adanya tugu di Pasar Lembu Kecamatan Air Joman, tugu Imam Bonjol, tugu Sarang Helang, tugu Dipaku Area, tugu Gunung Melayu, tugu Bandar Pulau dan lainnya,"ujar Bungaran.

Masih kata Bungaran, sungai Asahan yang mengalir dari Porsea hingga Tanjungbalai, menjadi saksi sejarah dalam genjatan senjata antara Indonesia dan Belanda sesudah agresi I, Belanda menandatangani bahwa sungai Asahan menjadi garis demarkasi (statusquo line) untuk wilayah Sumatera Timur.

"Saat itu Pemerintahan Kabupaten Asahan pindah ke Pulau Rakyat dan seluruh pejuang Medan Area mundur ke garis belakang. Masyarakat Pulau Rakyat tanpa pamrih bergotong royong, membantu logistik para pejuang dan Pemkab Asahan,"tambah Bungaran.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Asahan dalam sambutannya, yang disampaikan Emaris Sitorus mengatakan, perjuangan dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan tercatat dan terukir dalam sejarah perjuangan bangsa, khususnya di Asahan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk berjuang dengan cara turut aktif melakukan pembangunan di segala bidang, sesuai cita - cita para pejuang,"ujar Emaris.

Sementara itu, Plt Bupati Asahan, H Surya BSc menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengenang dan menghormati jasa - jasa para pahlawan/pejuang kemerdekaan serta menanamkan kembali arti pentingnya nilai - nilai kepahlawanan kepada para generasi muda, sebagai penerus bangsa.

"Para generasi muda harus mampu meneladani nilai - nilai dan semangat perjuangan para veteran untuk meneruskan perjuangan membangun bangsa dan Negara,"ujar Surya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Dandim 0208/As, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Wakapolres Asahan, Kompol M. Taufik, Kajari Asahan, Rahmad Purwanto SH, Ketua PN Kisaran, Ulina Marbun SH MH, para OPD, Kabag, Camat, Veteran, Paskibraka, dan undangan lainnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.