HETANEWS

Pidato Kenegaraan Jokowi Tanpa Didampingi Dua Ajudan, Seperti Obama

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto/Felldy Utama)

Jakarta. hetanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyuguhkan penampilan berbeda pada pidato kenegaraan di sidang tahun MPR RI Tahun 2019. Jokowi tidak akan didampingi dua ajudan, melainkan akan diganti menjadi ornamen bendera merah putih.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar menyampaikan, konsep tata letak semacam itu merupakan permintaan langsung dari Jokowi. Dia menyebut, penonjolan simbol tersebut seperti yang dilakukan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

"Jadi nanti di belakang podium bapak presiden bicara, frammingnya full ornamen bendera merah putih. Ini atas permintaan beliau," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Menurut dia, konsep seperti itu baru pertama kali terjadi dalam sidang tahunan MPR RI. Biasanya, saat kepala negara memberikan pidato maka posisi di belakangnya terlihat ada dua ajudan yang turut mendampingi.

"Nah memang yang menarik selama 30 tahun lebih ya, penyampaian pidato kepala negara itu langsung didampingi dua ajudannya," ujar Indra.

Mengingat berbeda dari sebelumnya, dia menuturkan, posisi ajudan kepala negara nantinya akan berada di samping. Dia memperkirakan posisi itu sekitar 7-8 meter dari jarak podium kepala negara.

Indra pun mengungkapkan konsep tata letak permintaan Jokowi ini hampir sama dengan konsep yang digunakan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pada saat memberikan pidato kenegaraan.

"Kalau teman-teman mau lihat, (konsep ini) kayak pidato Presiden Obama. Cuma ada simbol-simbol Amerika di belakangnya," katanya.

sumber: inews.id

Editor: sella.