HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Dandim 0813 Hadiri Pengukuhan Anggota Paskibraka Bojonegoro Tahun 2019

Bojonegoro, hetanews.com - Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto turut menghadiri acara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bojonegoro tahun 2019, di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (15/8).

Sebanyak 72 putra-putri terbaik yang tergabung dalam Paskibraka Kabupaten Bojonegoro tersebut, dikukuhkan oleh Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu'awanah. Yang mana anggota Paskibraka tersebut, akan mengemban tugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 74, di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro, pada Sabtu 17 Agustus 2019 mendatang.

Anggota Paskibraka yang terdiri dari 48 putra dan 24 putri berasal dari berbagai Sekolah Tingkat Lanjutan Atas (SLTA) se- Kabupaten Bojonegoro, telah mengikuti latihan selama 4 bulan.

Selain itu, 2 orang siswa-siswi dari Kabupaten Bojonegoro, terpilih menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Timur, yaitu Loqman Ady Santosa dari SMAN 4 Bojonegoro dan Widiana Ayu Gumilar dari SMAN MT Bojonegoro.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Bupati DR Hj Anna Mu'awanah, mengucapkan selamat atas terpilihnya para anggota Paskibraka. Menurutnya anggota Paskibraka Kabupaten Bojonegoro yang terpilih tersebut, merupakan putra-putri yang terbaik yang telah dinyatakan lulus seleksi dengan berbagai tahapan dan proses yang telah dilalui.

"Ini merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi orang tua, sekolah dan juga guru pembimbing kalian. Dengan terpilihnya kalian sebagai anggota Paskibraka, menunjukkan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan lebih dari yang lain," ujarnya.

Anggota Paskibraka yang masih usia remaja, berkesempatan mendapat kepercayaan dan tanggungjawab yang cukup besar, dan sangat mulia, yaitu menjadi pengibar Bendera Merah Putih dalam pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-74.

"Tentunya sangat membesarkan hati orang tua kalian, apabila putra-putrinya berkesempatan mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk menunaikan tugas yang mulia ini," sambung Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu'awanah.

Kepada seluruh anggota Paskibraka, agar hasil pendidikan dan latihan yang telah diberikan selama ini dapat menjadi sikap dan perilaku keseharian. Sehingga dapat menjadi contoh dan teladan bagi pelajar, dan generasi muda yang berada di lingkungan para anggota Paskibraka. Dengan harapan sepulangnya dari pendidikan dan pelatihan ini mereka bisa menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa.

Kedepankan persaudaraan dan kekompakan, seperti yang telah diajarkan oleh para pelatih dan pembina. Kekompakan bukan hanya diterapkan dalam pelatihan saja, namun harus dilakukan terus-menerus sampai nanti kembali ke sekolah masing-masing.

"Jalanilah amanah ini dengan kepercayaan yang diberikan kepada kalian dengan penuh rasa tanggungjawab. Kepada para instruktur dan pelatih, saya juga menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya," tuturnya.

Dan kepada semua pihak yang mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka ini, saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, atas dukungan yang telah diberikan kepada anak-anak anggota paskibraka Kabupaten Bojonegoro tahun 2019.

"Semoga kalian sukses menjalakan tugas mulia ini dan menjadi teladan bagi siswa-siswi lainnya. Junjung tinggi kedisiplinan dan rasa nasionalisme," pungkasnya.(pen0813)

Penulis: Mas pen. Editor: anto.