HETANEWS

10 Kapal Patroli Satpolair Polres Tanjungbalai dan TNI AL dengan Kecepatan Tinggi Menuju Perairan Asahan

(Dari kiri) Kasat Polair, AKP Agung Basuni, Danlanal TBA, Letkol laut (P) Ropitno H. Tr. Hanla, Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai dan Wakapolres, Kompol Edi Bona Sinaga berdiri di atas Kapal Patroli Satpolair. (foto/ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com - Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke – 74 tahun, Polres Tanjungbalai bergandengan dengan Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Asahan, melaksanakan patroli bersama, di sepanjang Perairan Asahan, pada Kamis (15/8/2019).

Patroli ini, dipimpin Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, bersama Komandan TNI AL  Tanjungbalai – Asahan, Letkol Laut (P)  Ropitno  H. Tr. Hanla,  dengan menerjunkan sejumlah Kapal Patroli dengan jumlah skala besar dari Satpolair Polres Tanjungbalai  dan beberapa Kapal Patroli dari Lanal TBA.

Bukan hanya berpatroli secara bersama untuk memupuk dan menjiwai arti kemerdekaan ini,  Polres Tanjungbalai juga membagi- bagikan bendera dan teks Pancasila kepada para nelayan yang berada di tengah laut.

Foto bersama warga nelayan. (foto/ferry)

Bukan hanya itu, kegiatan juga diisi  dengan bhakti sosial kesehatan yang dilaksanakan oleh Polisi Wanita (Polwan),  berkerjasama dengan personil kesehatan Polres Tanjungbalai, dengan melakukan pengecekan tensi darah dan pemberian obat-obatan ringan kepada nelayan.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai kepada sejumlah wartawan yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan, patroli ini sebagai bentuk sinergis antara TNI – Polri, di perairan dan dengan sendirinya dapat meningkatkan sinergitas TNI - Polri dalam melaksanakan tugas pengawasan di wilayah perairan, sehingga tercipta kerjasama yang terpadu dalam tugas memerangi segala bentuk tindak pidana perairan seperti penyelundupan barang / orang sampai tindak pidana tertentu dan Narkotika.

Dalam kesempatan itu, Kapolres mengajak masyarakat, warga nelayan untuk bersama - sama menyambut HUT RI ke 74 dengan memasang bendera merah putih, baik di rumah maupun di kapal, sebagai wujud rasa dan  penghargaan terhadap perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dan sekaligus memberikan semangat untuk bersama sama mengisi kemerdekaan ini dengan nilai-nilai luhur pancasila, juga  Bhineka Tunggal Ika.

 Kapal Patroli Satpolair yang melaksanakan patroli bersama. (foto/ferry)

Dengan pemberian teks Pancasila ini, kata Kapolres, menanamkan jiwa patriotisme dan anti radikal kepada warga nelayan dengan membaca dan meresapi  nilai - nilai yang ada dalam Pancasila tersebut.

Teks Pancasila ini nantinya dipasang di dalam kapal atau di rumah, dengan harapan bisa ditularkan kepada keluarga maupun lingkungan tempat tinggal.

Diakhir kegiatan, kepada para nelayan diberikan snack ringan untuk bekal melaksanakan aktivitas di laut. Dan para nelayan menyambut baik  kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI – Polri tersebut.

Penulis: ferry. Editor: gun.