HETANEWS

Dikonfirmasi Soal Dana Desa, Kades Paya Pasir "Emosi": Dimana Kita Jumpa, Mau Main Kasar, Apa Mau Main Halus?

Kru hetanews.com dan LSM KPK saat akan konfirmasi Kepala Desa Paya Pasir, M Hatta Purba (mengenakan baju putih dua dari kanan asyik main HP), di kantor desa. (foto/dmk)

Sergai, hetanews.com - Kepala Desa (Kades) Paya Pasir, kecamatan Tebing Syahbandar, kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumut,  M Hatta Purba, emosi serta mencak mencak, ketika dikonfirmasi wartawan dan LSM, di kantornya, Rabu (14/8/2019) lalu.

Kades ini marah, ketika wartawan dan LSM mengkonfirmasi soal penggunaan Dana Desa (DD), yaitu pembuatan lapangan bola volli dan badan usaha milik desa (Bumdes) yang menurut warga sekitar, disinyalir ada penyimpangan dalam praktik  pengelolaannya.

 "Apa maumu, mau main kasar, apa mau main halus? Ini bukan Kades kaleng - kaleng ini,"ucapnya dengan nada tinggi sembari memukul - mukul dadanya.

Melihat situasi sudah memanas, disangsikan ada hal yang tidak diinginkan, akhirnya kru hetanews.com dan LSM KPK, memutuskan mengakhiri konfirmasi dan meninggalkan kantor Desa Paya Pasir. 

Pono, selaku Ketua LSM KPK Sergai, kepada hetanews.com, di hari yang sama, menyayangkan sikap seorang Kades seperti itu.  "Untuk apalah dia emosi, kita kan sebagai sosial kontrol, berhak mengawasi pembangunan yang dananya bersumber dari negara. Saya sangsi kepala desa ini melakukan kesalahan," tuturnya.

"Kami akan terus lakukan penelusuran dan Investigasi terhadap pekerjaan Kades yang terkesan tempramen ini,"sambungnya.

Diketahui pada saat itu, perangkat desa, ketua Bumdes, tokoh masyarakat dan beberapa masyarakat, juga ikut menyaksikan kepala desa mereka yang sedang emosi, Bahkan terkesan mengajak duel.

Sangat disayangkan sikap kepala desa seperti ini. Karena harusnya menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

Penulis: dmk. Editor: gun.