HETANEWS

Liverpool Vs Chelsea, Ini Statistik Menarik Duel Kedua Tim

Jalannya laga Liverpool melawan Chelsea musim lalu

Inggris, hetanews.com - Liverpool bakal meladeni kekuatan Chelsea pada Piala Super Eropa di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Ini duel All English perdana sepanjang sejarah pada ajang yang mempertemukan juara Liga Champions dan kampiun Liga Europa tersebut.

Dilansir laman UEFA, ini pertemuan ke-11 bagi kedua tim pada kompetisi Eropa. 10 duel sebelumnya terjadi di Liga Champions. Dari keseluruhan laga tersebut, The Reds hanya memenangkan dua di antaranya sementara The Blues tiga, sedangkan lima pertandingan sisanya berakhir imbang.

Pertemuan perdana di panggung Eropa terjadi pada dua leg semifinal Liga Champions 2004/2005. Kedua tim bermain imbang 0-0 pada leg pertama di Stamford Bridge. Liverpool akhirnya memastikan tiket final karena menang 1-0 di Anfield berkat gol semata wayang Luis Garcia.

Namun, bukan hanya itu statistik menarik jelang duel tersebut. Berikut ulasan selengkapnya:

10 – Chelsea akan menjadi tim ke-10 yang pengoleksi gelar Piala Super Eropa lebih dari satu.

8 – Siapa pun yang menang di Istanbul akan mengklaim Piala Super UEFA kedelapan untuk wakil Inggris, lebih sedikit dari Spanyol (15) dan Italia (9). Wakil Premier League belum menang sejak Liverpool pada 2005.

4 – Kemenangan akan membuat Liverpool sejajar dengan Real Madrid yang kini mengoleksi empat Piala Super Eropa, lebih sedikit dari Barcelona dan AC Milan (5)

4 – Ini kesempatan keempat Chelsea bermain di Piala Super Eropa. Dari keseluruhan, Chelsea hanya bisa menang sekali, yakni edisi 1998 ketika menumbangkan Real Madrid 1-0. Kemudian pada periode 2012 dan 2013, mereka kandas dari Atletico Madrid (1-4) dan dibungkam Bayern Muenchen lewat adu penalti 4-5, setelah bermain imbang 2-2 sampai babak tambahan.

– Liverpool sudah tiga kali menjuarai Piala Super Eropa yakni pada edisi 1977, 2001 dan 2005. Sedangkan, pada periode 1978 dan 1984, mereka harus puas menjadi runner-up karena dikalahkan Klub Belgia Anderlecht 3-4 dan dibungkam Juventus 0-2.

1 – Ini pertama kalinya tim asal Spanyol bakal absen di final Piala Super Eropa sejak 2013. Sebelumnya, tim dari negara Matador itu mampu menjadi juara di lima gelaran terakhir secara beruntun.

sumber: inews.id

Editor: sella.