HETANEWS

Viral, Siswa-siswi SMA di Palangka Raya Kalteng Temukan Obat Penyembuh Kanker

Ketiga siswa dan siswi serta guru pembimbing yang membuat penelitian ramuan tradisonal akar bajakah untuk penyembuh kanker di Palangka Raya, Kalteng. (foto/Ade Sata)

Palangkaraya, hetanews.com - Jagat maya viral dengan raihan prestasi siswa-siswi SMA di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) yang menemukan ramuan obat tradisional penyembuh penyakit kanker. Hasil penerlitian mereka terpilih memeroleh medali emas sekaligus menjadi juara dunia dalam ajang World Invention Creativity Olympic  (WICO) 2019 di Soul, Korea Selatan, akhir Juli silam.

Kisah ini berawal dari ide siswa bernama Ijitra Ali Akbar saat mengikuti ekstrakulikuler di sekolah. Ketika itu para siswa diminta guru menerapkan ilmu yang telah dipelajari untuk membuat penelitian dari kearifan lokal.

Ali kemudian teringat jika keluarganya selama ini memanfaatkan tumbuhan yang disebut akar bajakah untuk mengobati kanker. Di mana neneknya yang mengidap kanker payudara telah mencoba mengonsumi ramuan akar tersebut selama tiga bulan dan perlahan sembuh.

Dia selanjutnya mencari akar bajakah dam mengirimkannya ke laboratorium di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, untuk diteliti. Hasilnya, terbukti jika akar ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang baik untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Karya ilmiah itu selanjutnya diselesaikan dan diikutsertakan mengikuti lomba Youth National Science Fair 2019 di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Hasilnya, karya ilmiah ini menang dan mendapat medali emas. Karya tulis ini selanjutnya direkomendasikan untuk mengikuti ajang tingkat dunia yakni WICO 2019.

“Saat akan ikut lomba di Korea Selatan, orangtua saya tak mengizinkan. Namun ada teman kami Arsya Aurealya Maharani dan Anggina Rafit yang ikut ke sana dan mengeksplore penelitian ilmiah akar bajakah ini sebagai penyembuh kanker. Dan hasilnya, mereka berhasil meraih medali emas,” katanya.

Hasil penelitian ini menyisikan 22 karya dari perwakilan negara-negara lainnya. Keberhasilan para siswa ini pun mendapat apresiasi masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini, banyak yang mulai mencari keberadaan akar bajakah untuk penyembuhan kanker.

sumber: inews.id

Editor: sella.