HETANEWS

Serahkan Ganja Sama Polisi, Faisal Divonis 6 Tahun

Terdakwa saat mengikuti sidang di PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com-Majelis hakim, Roziyanti SH, Nasfi Firdaus SH MH dan Justiar Ronald SH, menjatuhkan pidana penjara 6 tahun denda Rp.1 milyar subsider 3 bulan penjara, terhadap terdakwa Faisal (39).

Vonis tersebut, dibacakan dalam persidangan yang terbuka untuk umum, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Rabu (14/8/2019).

Sebelumnya, terdakwa dituntut 7 tahun penjara oleh jaksa, Christianto Situmorang SH dan denda yang sama dengan putusan hakim. Faisal dinyatakan terbukti bersalah, melanggar Pasal 114 (1) UU RI NO 35/2009 tentang Narkotika.           

Warga Kampung Purwosari Dolok Tenera, Kecamatan Dolok Batunanggar ini, terbukti menyerahkan ganja seberat 2 gram kepada petugas polisi. Tentu saja, terdakwa langsung ditangkap, pada Kamis, 7 Pebruari 2019, lalu, sekitar pukul 21.45 WIB.

Awalnya, terdakwa berada di salah satu warung, di Simpang Bah Gunung, Nagori Bandar Huluan, Kecamatan Pematang Bandar. Lalu terdakwa  disuruh Surya Lenang Yudana als Yuda (didakwa terpisah) untuk mengantarkan ganja kepada 2 orang yang ada di dekat gapura. Terdakwa langsung pergi ke arah gapura dan melihat 2 orang dan memberikan ganja tersebut.          

Nyatanya, 2 pria itu adalah petugas Satres Narkoba Polres Simalungun yang melakukan penyelidikan, berdasarkan informasi warga.

Setelah diinterogasi, terdakwa Faisal mengakui, disuruh Yuda dan menunjukkan keberadaan Yuda, di belakang kios. Rupanya, Yuda pun sudah ditangkap petugas, bersama Dedek Arianto (didakwa terpisah).         

Faisal mengaku, mendapatkan upah Rp.50 ribu, jika sudah berhasil mengantar ganja dan dikasih pake gratis oleh Yuda.  

Penulis: ay. Editor: gun.