HETANEWS

Lima Bersaudara Dilantik Jadi Anggota DPRD 2019-2024, Maju dari Parpol Berbeda

Lima bersaudara dari partai berbeda yang menduduki kursi DPRD HSS periode 2019-2024 berfoto bersama usai pengambilan sumpah jabatan, Senin (12/8/2019) di DPRD HSS.

Kalimantan, hetanews.com-Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, periode 2019-2024, menjadi saksi bisu keberhasilan lima bersaudara.Lima bersaudara itu resmi menjadi anggota DPRD Hulu Sungai Selatan,  Senin (12/8/2019).

Uniknya lagi, kelima legislator itu maju dari berbagai partai politik. Dari 30 legislator yang dilantik, lima di antaranya berstatus saudara. Rinciannya, empat orang bersaudara kandung dan satu lagi adalah saudara ipar.

Kelimanya yakni, Rodi Maulidi dari Partai Nasdem, Yuniati dari PKB, Muhlis Ridhani dari Partai Golkar, Risma Fakhriatni dari Nasdem, serta adik ipar mereka Surya Rizani, juga dari Nasdem.

Tiga di antara lima bersaudara itu merupakan legislator wajah lama. Yuniati, sudah pernah menjabat anggota dewan sebelumnya dua periode.

Sedangkan kakak dan adik Yuniati, Rodi dan Muhlis sebelumnya sudah menyelesaikan satu periode. Adapun Surya dan Risma "pendatang baru" di DPRD HSS.

Usai dilantik dan diambil sumpah/janjinya sebagai anggota legislatif, kelimanya terlihat kompak berfoto bersama, dan selfi di ruang sidang, tempat pelantikan.

Mereka pun tersenyum lepas dan saling mengucapkan selamat.

Lalu apa yang memotivasi lima bersaudara itu menjadi wakil rakyat dan bagaimana bisa meraih suara masyarakat untuk duduk di kursi DPRD tersebut?

Muhlis, mewakili saudaranya mengatakan, selain ingin memperjuangkan aspirasi masyarakat, juga ingin mereka bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam menyuarakan kepentingan masyarakat HSS.

Meski pilihan wadah tempat berpolitik berbeda-beda, menurut Mukhlis, tujuan mereka sama saja.

"Kadang, karena kepentingan politik masing-masing partai kami beda, ada kalanya memang sikap kami dalam memandang sesuatu juga dari sudut pandang berbeda. Itu hal yang wajar. Tapi dalam hal kepentingan keluarga, kami tetap sama, menjaga kekompakan. Apalagi saat kumpul bersama keluarga besar," kata Muhlis.

Yuniati menambahkan, untuk meraih suara dan dukungan masyarakat memang tak mudah.

Namun, pengalaman berpolitik dan berinteraksi dengan masyarakat pemilih, memudahkan dirinya kembali meraih kepercayaan, hingga ke periode ke tiga 2019-2024.

"Alhamdulillah terpilih kembali," kata Yuniati yang akrab disapa Yayu ini.

Selain diwarnai hubungan saudara kandung, anggota dewan HSS juga diwarnai ayah dan anak kandung.

Ya, dua di antara 30 anggota dewan, salah satunya juga ada yang memiliki hubungan ayah dan anak.

Mereka adalah Haidir Sani dari Nasdem dan Yoga Lesmana dari Partai Golkar.

Namun, banjarmasinpost.co.id belum sempat mewawancarai keduanya, karena usai pelantikan mereka tak terlihat lagi di ruang rapat seperti anggota dewan lainnya, yang memanfaatkan untuk selfi dan foto bersama keluarga.

  • Pelantikan DPRD HSS

Pergantian anggota legislatif Kabupaten Hulu Sungai Selatan dilaksanakan Senin (12/8/2019).

Sebanyak 28 dari 30 anggota DPRD HSS hasil Pemilu 17 April 2019 dilantik dan diambil sumpahnya pada Rapat Paripurna Istimewa pengambilan sumpah/janji jabatan anggota DPRD HSS periode 2019-2024.

Rapat istimewa tersebut dipimpin Ketua DPRD HSS Periode 2014-2019 H Akhmad Fahmi, didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan Ketua Pengadilan Negeri HSS Dian Erdianto.

Setelah penyematan lencana, anggota dewan itu pun dipersilakan mendiuduki kursi masing-masing yang telah disiapkan.

Selanjutnya, Sekretaris DPRD HSS Taufik membacakan pimpinan dewan sementara DPRD HSS yang ditunjuk berdasarkan peroleh suara terbanyak, yaitu dari PKS yang kembali dijabat Akhmad Fahmi, dan Wakil Ketua Sementara Rodi Maulidi.

Pengambilan sumpah/janji anggota DPRD HSS periode 2019-2024 Senin (12/8/2019) oleh Ketua PN HSS
Pengambilan sumpah/janji anggota DPRD HSS periode 2019-2024 Senin (12/8/2019) oleh Ketua PN HSS (Protokol dan Kehumasan Pemkab HSS)

Fahmi sendiri menyatakan, amanah yang selama ini dia emban sebagai Ketua DPRD HSS periode sebelumnya tidaklah ringan.

"Karena nantinya diminta pertanggungjawaban oleh Allah, hakim yang seadil-adilnya. Untuk itu mari kita bersama anggota terpilih lainnya senantiasa minta petunjuk agar tak tergelincir selama mengemban Amanah tersebut," kata Fahmi.

Sementara, Wabup HSS yang pada kesempatan itu membacakan sambutan Gubernur Kalsel, usai kegiatan pengambilan sumpah berharap, kerjasama dan kemitraan yang selama ini terjalin dengan baik antara pemerintah kabupaten dan DPRD HSS tetap berjalan baik.

"Selama ini HSS kabupaten yang tercepat Se-Kalsel dalam menetapkan APBD.

Pengelolaan keuangan daerah juga dinilai baik, tidak pernah ada masalah termasuk dengan DPRD. Kami berharap ini terus berlanjut ke DPRD Periode 2019-2024," kata Wabup.

Mengenai ketidak hadiran dua anggota dewan yang berhalangan diambil sumpah jabatannya karena sedang melaksanakan ibadah haji, Wabup mengatakan akan diagendakan pada pelantikan kedua nanti.

"Nanti diagendakan lagi pada rapat paripurna Istimewa,"kata Wabup.

Informasi yang diperoleh, dua anggota DPRD HSS yang sedang melaksanakan ibadah haji tersebut adalah, Muhran dari PPP dan Gusnan dari Nasdem.

Pelantikan anggota DPRD hari ini berjalan lancar, dimana sebanyak 50 persen anggota Dewan yang dilantik adalah wajah baru, sisanya wajah lama. Total anggota dewan HSS 30 orang.

Kursi terbanyak diraih PKS dan Nasdem masing-masing 7 kursi, sehingga separuh kursi legislatif HSS didominasi dua partai tersebut. Namun, dari sisi total perolehan suara, PKS lebih unggul.

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.