HETANEWS

Ketua DPRD Siantar: Satu Orang Rekom Wali Kota Belum Tentu Menang

Marulitua Hutapea (kemeja putih).

Siantar, hetanews.com - Ketua DPRD Pematangsiantar, Marulitua Hutapea menegaskan bahwa pihaknya tetap menolak jika Wali Kota Hefriansyah hanya merekomendasikan satu nama saja untuk calon Sekretaris Dewan (Sekwan). Maruli menampik jika pihaknya fokus kepada nama calon Sekwan yang lain.

Dijelaskan Marulitua, bahwa pihaknya juga berkewenangan memberikan rekomendasi dan pertimbangan untuk menentukan posisi jabatan Sekwan. Hal itu kata dia sesuai dengan amanat UU No 23 tahun 2014 pasal 205 Ayat (2). 

Berdasarkan itu pihaknya pun meminta kepada Wali Kota Hefriansyah untuk menyerahkan nama-nama JPTP (Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama) yang lulus seleksi terbuka untuk calon Sekwan DPRD Pematangsiantar. 

Permintaan itu pun disampaikan melalui surat yang dilayangkan DPRD Pematangsiantar ke Wali Kota Pematangsiantar, Kamis 8 Agustus 2019.

"Artinya, satu orang yang direkomendasikan Walikota itu belum tentu menang. Jadi fair kita bermain, bah jangan kaya beli kucing dalam karung," kata Maruli dihubungi, Selasa (13/8/2019) siang.

Maruli menjelaskan, seogiayanya Wali Kota Hefriansyah merekomendasikan seluruh nama-nama JPTP untuk calon Sekwan. Sehingga pimpinan DPRD Pematangsiantar pun dapat menentukan siapa yang lebih layak. 

Wali kota, kata Maruli, malah merekomendasikan satu orang saja. Dia pun merasa curiga, sepertinya ada yang ditutupi Wali kota Hefriansyah karena hanya merekomendasi nama satu orang saja. 

"Kita bukannya apa, ngapain sih ditutup-tutupi. Yang diusulkannya pun, belum tentu itu. Sekarang mana daftar pemenangnya (seleksi terbuka JPTP) itu. Itu yang kita minta kan," pungkasnya.

Ketua DPRD Pematangsiantar ini menampik jika pihaknya meminta nama lain untuk calon Sekwan. "Bukan kita fokus kepada orang lain, tidak. Artinya sesuai dengan ketentuan itu, di sampaikanlah berapa yang menang (lulus calon Sekwan)," jelasnya.

Selain meminta nama yang lulus seleksi terbuka JPTP untuk calon Sekwan, Maruli juga meminta agar Wali kota Hefriansyah menyerahkan hasil penilaian assessment test yang dilakukan Tim Penguji, khusus bagi JPTP yang mengambil jabatan Sekwan.

Baca juga: Walikota Hefriansyah Rekom 1 Nama Calon Sekwan, DPRD Siantar Menolak

Penulis: gee. Editor: edo.