HETANEWS

Perangi Narkoba, Wali Kota dan BNNK Tanjungbalai Hadirkan "Kelurahan Bersinar"

Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial saat melantik 79 relawan penggiat narkoba.

Tanjungbalai,  hetanews.com - Maraknya peredaran Narkoba di Tanjungbalai, membuat Pemko Tanjungbalai mengambil inisiatif dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tanjungbalai,  meluncurkan program Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba), di halaman Kantor Camat Datuk Bandar, Tanjungbalai, Senin siang (12/8/2019).

Peluncuran program Kampung Bersinar ini adalah sebagai bagian dari gerakan pencegahan peredaran narkoba di Kota Tanjungbalai.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial  menyampaikan, saat ini kita dalam darurat Narkoba, khususnya di Kota Tanjungbalai. Hal ini dapat dilihat dari tingginya pengungkapan kasus Narkoba yang dilakukan oleh pihak Kepolisian dan BNNK Tanjungbalai.

Tingginya peredaran Narkoba tersebut, kata Wali Kota, yang menjadikan semakin tingginya pengungkapan kasus peredaran Narkoba itu sendiri.

“Orang memakai Narkoba pasti ketagihan, sehingga barang semahal apapun akan dibeli. Ketika demand meningkat, meski harga melambung, orang pasti membeli karena kondisinya ketagihan. Itu dia yang membuat orang berniat menjual Narkoba ke Indonesia karena pasti ada pembelinya,” ujar Wali Kota.

“Maka dari itu, dalam gerakan Kelurahan "Bersinar" Bersih Narkoba yang kita lakukan saat ini, yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat di tingkah kelurahan, mulai dari Kepala Lingkungan dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan masyarakat setempat, diharapkan dapat menggerakkan lingkungan lingkungan yang bebas akan Narkoba.

Hal ini dapat diwujudkan dengan memberikan sosialisasi pencegahan dan peredaran Narkoba kepada masyarakat yang ada disekitarnya dimulai dari keluarga sendiri, “paparnya.

Mereka juga diharapkan bisa mendeteksi dini sesuai perubahan perilaku, pemetaan titik-titik penyalahgunaan narkoba, dan pemberdayaan masyarakat.

“Saya minta kepada seluruh penggiat narkoba yang dilantik saat ini, "Jangan takut melaporkan jika ditemukan dan dicurigai adanya perbuatan dan peredaran narkoba dilingkungannya, apabila ada yang menakut nakuti kalian jangan takut, segera laporkan ke aparat penegak hukum, segera Koordinasikan dengan Kepala Lingkungan, Lurah dan Camat, " tegas M Syahrial.

Untuk itu, keterlibatan seluruh elemen masyarakat, seperti BNNK Tanjungbalai, Kepolisian, Muspika, camat, lurah, terutama keluarga sangatlah penting. Ini  karena lingkungan terdekat sangat kuat pengaruhnya terhadap proses kehidupan anak. Saya juga mengajak dilingkungan kita masing masing untuk mengaktifkan kembali fungsi Siskamling, katanya lagi.

Jika ada di antara warga yang menemukan kegiatan haram tersebut, segera berkoordinasi dengan BNNK untuk kemudian dilakukan supervisi khusus, berupa penindakan dan pemberantasannya.

Adapun Gerakan Kelurahan Bersinar yang telah diluncurkan tersebut akan menjadi pilot project bagi kelurahan-kelurahan lain di Kota Tanjungbalai, saat ini kita prioritaskan di Kelurahan Gading, Kecamatan Datuk Bandara, ujarnya.

Tidak tertutup kemungkinan akan kita lanjutkan keseluruh kelurahan dan kecamatan yang ada di kota Tanjungbalai. Kelurahan "Bersinar" akan kita dorong untuk bekerja lebih aktif dan mandiri terutama dalam melakukan sosialisasi bahaya narkoba dilingkungannya, katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota berterima kasih kepada BNNK Tanjungbalai yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemko Tanjungbalai, yakni Kelurahan Gading untuk menjadi pelopor dalam pencegahan peredaran narkoba.

Adanya gerakan tersebut menunjukkan bagaimana pemberdayaan masyarakat dapat digunakan sebagai prioritas pembangunan ke depan, tutup Wali Kota.

Sementara itu  Kepala BNNK Tanjungbalai, AKBP. Eddy Mashuri Nasution mengatakan, program Kelurahan "Bersinar" merupakan gerakan dalam rangka mewujudkan Tanjungbalai bebas Narkoba. Kami berkomitmen memerangi peredaran narkoba di Kota Tanjungbalai yang dimulai dari tingkat kampung/lingkungan di kelurahan.

Kedepan akan kita dorong melalui Pemko Tanjungbalai untuk lebih luas lagi hingga mencakup seluruh kecamatan dan kelurahan di Kota Tanjungbalai. Kelurahan Gading diharapkan menjadi percontohan dalam program Kelurahan "Bersinar", ujarnya.

Acara diakhiri dengan pelantikan 79 relawan penggiat anti narkoba dalam program kelurahan "Bersinar" Bersih Narkoba khusus wilayah Kelurahan Gading dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Penulis: ferry. Editor: gun.