HETANEWS

Kades Jelaskan Pengunaan Dana Desa di Desa Nalela Tobasa

Pengerjaan irigasi air di bondar Sibaung - baung Dusun 2 yang dikerjakan secara swadaya. (foto/stm)

Tobasa, hetanews.com – Adanya Dana Desa (DD) yang dikucurkan Kementerian Desa ke wilayah kabupaten yang ada di seluruh Indonesia, tujunnya untuk memajukan zona desa dan sekaligus mensejahterakan warga desa itu sendiri.

Selama ini, keluhan dari warga, yaitu masalah infrastruktur jalan, namun dengan adanya DD, maka akan menghasilkan jalan yang baik.

Dan begitu juga dengan irigasi persawahan yang bermanfaat bagi para petani, yang selama ini bersusah payah mengairi area persawahannya.

Seperti di Desa Nalela, Kecamatan Porsea, Kabupaten Tobasa, beberapa tahun belakangan ini, sudah merasakan manfaat DD tersebut.

Marihot Sitorus ketika dikonfirmasi Hetanews.com,beberapa hari yang lalu, mengatakan, mereka saat ini mengerjakan jaringan irigasi bondar Sibaung – baung, di Dusun II Desa Nalela, Kecamatan Porsea. “Dengan panjang 350 meter, kedalaman 60 cm, dan lebar 25 cm. Sedangkan kedalam pondasi lantai 15 cm, dan pagunya Rp  234.970.000. Pengerjaan ini sudah kita lakukan selama satu minggu, dengan waktu pelaksanaan 60 hari kerja,”jelas Marihot.

Papan proyek Dana Desa Nalela yang dikerjakan dilokasi. (foto/stm)

Pengerjaan, baru ini yang pertama kita kerjakan pak, karena yang lain masih dalam tahap persiapan membelanjai bahan material ke panglong.

Untuk pengerjaan sendiri, kita lakukan dengan swakelola dari masyarakat desa kita sendiri, tidak kita borongkan. Kita ada melibatkan lebih kurang 20 orang, baik itu Ibu-ibu maupun Bapak-  bapak, yang bekerja disini, ujarnya lagi.

Untuk para pekerja harian kita berikan gaji tukang Rp.125.000, kenek Rp. 95.000. Kegiatan Dana Desa tahun 2019 ini, ada 5 titik pengerjaan semuanya. 4 titik irigasi air bagi persawahan warga dan 1 titik rabat beton, katanya lagi menambahkan.

Kita berharap, dalam pengerjaan irigasi air ini, semua para petani yang ada di Sibaung-baung ini, akan mendapatkan hasil panen yang maksimal kedepannya. Dan harapan kita juga, agar masyarakar dapat melakukan kerjasama yang baik, agar segala yang direncanakan, bisa optimal atau  mendapatkan hasil yang baik, tutupnya.

Penulis: stm. Editor: gun.