HETANEWS

Meriahkan Malam Takbiran, Plt Bupati Asahan bersama Forkompinda Lepas 73 Mobil Hias Kelilingi Kota Kisaran

Plt Bupati Asahan, H. Surya BSc, bersama Forkompimda saat melepas pawai takbir keliling, di halaman kantor Bupati Asahan, Jalan Sudirman, Kisaran, Sabtu (10/8/2019) malam.

Asahan, hetanews.com-Menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar pawai takbir keliling, yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan serta organisasi vertikal lainnya, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Asahan, Jalan Sudirman, Kisaran, Sabtu (10/8/2019) malam.

Pawai takbir yang rencananya akan mengelilingi Kota Kisaran itu, diikuti 73 kendaraan roda empat yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menarik simpatik dari masyarakat yang sedang menikmati suasana malam yang biasa disebut lebaran haji.

Plt Bupati Asahan dalam sambutannya, menyampaikan, semua hal yang dimiliki seperti keluarga, harta, pangkat, derajat dan nikmat yang dirasakan oleh setiap manusia, merupakan titipan dan amanah dari Allah SWT.

"Saya percaya umat Islam di Kabupaten Asahan tidak hanya memaknai hari raya Idul Adha sebatas makna saja, akan tetapi lebih dari itu. Ada makna filosofis yang harus kita gali, di balik makna itu. Setidaknya ada 4 peristiwa yang penting yakni ibadah haji, puasa arafah, sholat hari raya idul adha dan ibadah qurban,"ujar Surya.

Dalam semua ibadah tersebut, lanjut Surya, terdapat nilai nilai sosial kemanusiaan, karena semua mengajarkan untuk saling mencintai, saling menolong, saling memberi dan persamaan derajat yang semuanya bermuara untuk mengokohkan semangat rukun dan damai, katanya.

"Selain itu, ada sejarah yang dapat kita jadikan pelajaran dan memberikan pesan agar kita membersihkan hati dan jiwa dari nafsu hewani yang sering melekat pada manusia. Kecintaan kita terhadap atribut atribut duniawi tidak boleh mengaburkan kecintaan kita kepada Allah SWT. Bahkan kita diharapkan mampu mengorbankan apa yang kita miliki dan kita cintai demi kepentingan umat, bangsa dan negara," tambah Surya.

Sementara itu, Ustadz H Salman Abdullah Tanjung, dalam tausiyahnya menyampaikan, bahwa pada hari Raya Idul Adha 1440 H kali ini, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Asahan untuk tetap memperkuat ikatan ukhuwah islamiyah.

"Hubungan yang baik antar sesama haruslah tetap selalu junjung dan kedepankan, sikap toleransi dan saling tolong-menolong juga tak kala pentingnya, sehingga kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan di negara yang kita cintai ini, “kata Salman.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Asahan, Taufik ZA Siregar, Dandim 0208/As, Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Ropitno, Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu, Kakan Kemenag Asahan, Dr Hayatsyah MPd, para Camat dan undangan serta masyarakat lainnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.