HETANEWS

Korban Ledakan Truk Tangki Bahan Bakar di Tanzania Jadi 64 Orang

Truk tangki meledak di Tanzania. (foto/STRINGER)

Tanzania, hetanews.com - Korban tewas ledakan truk tangki berisi bahan bakar di Tanzania bertambah menjadi 64 orang. Kapal tanker bahan bakar terbalik dan kemudian meledak ketika kerumunan orang bergegas menyedot bahan bakar yang bocor.

Ledakan maut itu terjadi di dekat Kota Morogoro, di sebelah barat ibu kota ekonomi Dar es Salaam. Ini merupakan yang terbaru dari serangkaian bencana serupa di Afrika.

"Saat ini, ada 64 orang tewas setelah dua dari 72 orang yang terluka tewas akibat luka-luka mereka," kata Gubernur Morogoro, Stephen Kebwe, sekitar 200 kilometer di sebelah barat Dar es Salaam, Minggu (11/8/2019).

Cuplikan tayangan dari lokasi kejadian menunjukkan truk dilalap api ganas dan asap hitam besar membubung.

Kepala polisi daerah Wilbrod Mtafungwa menyebut "ledakan besar" dan mengatakan di antara yang tewas antara lain pengemudi; dan penduduk setempat berbondong-bondong menuju lokasi ledakan untuk mengambil bahan bakar.

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan puluhan orang membawa jerigen kuning di sekitar truk.

Tragedi ini juga memicu kesedihan di seluruh negeri; Presiden John Magufuli dan warga biasa mengirim pesan belasungkawa.

Magufuli juga menyerukan agar orang-orang menghentikan praktik berbahaya mencuri bahan bakar sedemikian rupa, sesuatu yang umum di banyak daerah miskin di Afrika.

sumber: inews.id

Editor: sella.