HETANEWS

Kaget Diteriaki, Sapi Kurban Nyemplung di Kali Semarang

Foto: Angling Adhitya Purbaya

Semarang, hetanews.com - Seekor sapi melompat dan masuk sungai Kali Semarang dekat Kota Lama ketika hendak dibawa ke Musala At Taqwa Jalan Inspeksi, Semarang. Penyebabnya sapi terkaget saat diteriaki anak-anak. 

Sapi kemudian kaget sehingga lepas kendali dan masuk sungai. Butuh 3 jam untuk mengevakuasi sapi lokal itu hingga mau dimasukkan ke mobil. 

Takmir Musala At Taqwa, Kristianto mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu sapi sudah turun dari mobil dan dibawa jalan menuju Musala. Tapi karena kaget ada teriakan anak kecil, sapi tersebut lari ke arah sungai.

"Mau dibawa ke kampung, kan mau buat kurban. Pas turun banyak anak-anak teriak, kaget, yang megang sapi tidak kuat, nyemplung sapinya," kata Kristianto di lokasi, Sabtu (10/9/2019).

Sapi asal Boyolali itu berlarian di sungai saat dievakuasi. Petugas Pemadam Kebakaran ikut datang membantu evakuasi bersama warga. Sapi sempat naik ke parapet atau tanggul sungai.

Di pinggir sungai sapi tersebut terlihat lemas. Setelah menunggu, sapi digiring naik ke mobil lagi. Kristianto mengatakan akan membicarakan dengan warga dan pedagang terkait langkah selanjutnya terhadap sapi seharga Rp 20 juta itu.

Tapi saat itu para rescuer dan warga kelelahan, begitu juga sapinya. Tidak berapa lama sapi itu kembali masuk ke sungai. Proses evakuasi pun kembali berlanjut.

Setelah kembali bersusah payah, sapi kembali naik ke parapet, tapi sapi sudah kehabisan tenaga sehingga menyulitkan evakuasi ke bibir sungai.

Sekitar tiga jam setelah sapi masuk sungai, akhirnya hewan itu berhasil diangkat dengan cara ditarik kakinya dan disangga badannya. Para warga yang menonton langsung bertepuk tangan.

"Tadi kan masih dibawa penjual. Ya ini nanti kita bicarakan dulu," pungkas Kristianto.

sumber: detik.com

Editor: sella.