HETANEWS

Sri Mulyani: Negara Maju Bersin, Seluruh Dunia Kena Flu

Jakarta, hetanews.com-Kondisi ekonomi global yang disetir negara-negara maju tengah menghadapi ketidakpastian. Pemerintah terus berupaya memperkuat fundamental ekonomi domestik.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah bersama Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan terus memperkuat koordinasi dalam membua kebijakan.

"Berbagai kebijakan tersebut diharapkan dapat membuat Indonesia mempunyai daya tahan tinggi dalam menghadapi gejolak lingkungan global maupun perubahan di dalam negeri yang seringkali tidak terduga,” kata Sri Mulyani dilansir Sekretariat Kabinet, Sabtu (10/8/2019).

Meski kebijakan sudah tepat, menurut dia, ada faktor-faktor di luar kendali yang memengaruhi kondisi ekonomi dalam negeri. Kendali tersebut berasal dari negara-negara yang memiliki ekonomi yang kuat seperti AS, Eropa, Jepang, dan China.

"Kalau mereka bersin, maka seluruh dunia akan terkena flu," ucap dia.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menekankan pada pentingnya kemandirian ekonomi. Kemandirian itu perlu didorong melalui peningkatan produktivitas dan daya saing, pendalaman sektor keuangan, dan reformasi struktural.

“Indonesia memiliki modal yang menjanjikan misalnya dari sisi jumlah penduduk, potensi ekonomi yang besar, geografi yang luas dan kekayaan alamnya,” ucap Sri Mulyani.

sumber: inews.id

Editor: sella.